8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

1. Keadaan Alam

Orang di daerah panas membutuhkan baju tipis agar tidak kepanasan, sebaliknya orang di daerah dingin (kutub) membutuhkan baju tebal agar tidak kedinginan. Contohnya orang-orang yang hidup di daerah kutub selalu memakai mantel tebal karena mereka sangat membutuhkan pakaian hangat.

2. Pekerjaan

Seorang nelayan membutuhkan perahu dan jala untuk menangkap ikan. Akan tetapi, seorang guru tidak membutuhkan barang tersebut. Seorang guru membutuhkan buku-buku sebagai bahan ajar.

3. Agama

Orang yang beragama Islam membutuhkan kain sarung, mukena, dan sajadah sebagai peralatan salat. Kebutuhan ini berbeda dengan orang yang beragama Kristen, Hindu, dan Budha.

4. Adat Istiadat

Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Adat istiadat yang berbeda menuntut kebutuhan yang berbeda. Sebagai contoh: pesta perkawinan adat Betawi menuntut kebutuhan yang berbeda dengan pesta perkawinan adat Jawa.

5. Status Ekonomi dan Sosial

Orang kaya tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang yang biasa-biasa. Umumnya orang kaya dalam membeli kebutuhan memerhatikan merek-merek tertentu, sedangkan orang yang biasa-biasa tidak.

6. Usia atau umur seseorang
Kebutuhan bayi berbeda dengan kebutuhan remaja, berbeda pula dengan kebutuhan orang lanjut usia.

7. Hobi atau kesenangan
Orang yang memiliki hobi memancing membutuhkan pancing, sedangkan orang yang hobi bersepeda membutuhkan sepeda.

8. Peradaban
Orang yang tinggal di pedalaman dan suku-suku terasing memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang yang tinggal di masyarakat yang sudah modern.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/