Asian Games sebagai Promosi Pariwisata Indonesia

Asian Games sebagai Promosi Pariwisata Indonesia

Asian Games sebagai Promosi Pariwisata Indonesia
Asian Games sebagai Promosi Pariwisata Indonesia
  1.             Pendahuluan

Pada tahun 2018 ini, Indonesia menjadi penyelenggara acara olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games. Acara olahraga ini diadakan setiap empat tahun sekali yang dimulai pada tahun 1951. Kompetisi olahraga Asian Games diikuti oleh seluruh negara Asia yang terdaftar dalam keanggotaan Olympic Council Of Asia (OCA). Ditetapkannya Indonesia menjadi penyelenggara disepakati pada sidang Olympic Council of Asia(OCA) di Korea Selatan pada 20 September 2014 (BBC, 2014).

Asian Games XVIII merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah untuk perhelatan olahraga akbar ini. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962. Asian Games kali ini akan diadakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Penyelenggaraan Asian Games XVIII yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindari pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Indonesia yang juga akan diselenggarakan pada tahun tersebut.

Menjadi tuan rumah ajang perhelatan olahraga akbar seperti ini dapat membuka kesempatan emas untuk meraih sukses dalam banyak hal bagi Indonesia, seperti sukses dalam penyelenggaraan (sebagai tuan rumah), sukses dalam pencapaian prestasi (sebagai peserta), dan sukses dalam pemberdayaan ekonomi (sebagai sebuah industri) (Sukarmin, 2016). Tujuan pemberdayaan ekonomi ini dapat dicapai salah satunya dengan meningkatkan pariwisata di Indonesia.

Jika dipandang secara luas, penyelenggaraan Asian Games di Indonesia dapat digunakan untuk meningkatkan citra Indonesia di mata internasional. Hal ini disebabkan karena penyelenggaraan Asian Games ini akan mendapatkan perhatian dari media, termasuk media internasional. Selain itu, berbagai rangkaian acara yang sudah dibuat untuk menarik wisatawan ke Indonesia. Tulisan ini akan membahas bagaimana acara olahraga akbar Asian Games XVIII dapat digunakan oleh Indonesia sebagai sarana untuk melakukan promosi pariwisata.

Sumber : http://ejurnal.plm.ac.id/index.php/Teknovasi/comment/view/110/1806/64359