Awas Bahaya VPN Gratisan!

Awas Bahaya VPN Gratisan!

Awas Bahaya VPN Gratisan!
Awas Bahaya VPN Gratisan!

Setelah dikeluarkan kebijakan pembatasan penggunaan foto dan video di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp, tiba-tiba publik diramaikan dengan peggunaan teknologi yang bisa menjadi solusi pembatasan tersebut. Meksi mudah, namun bahaya VPN gratisan begitu mengkhawatirkan bagi pengguna, apalagi soal keamanan data.

Sebelum mengetahui ancaman yang mengintai Anda, perlu diketahui VPN

atau Virtual Private Network adalah salah satu teknologi komunikasi yang mampu menyambungkan ke jaringan publik serta bisa memakainya untuk jaringan lokal. Karena kemampuan ini, maka pengguna seperti halnya menggunakan jaringan seperti pakai LAN, meskipun sedang menggunakan jaringan publik.

Walaupun teknologi ini sangat membantu sekali, terutama perusahaan besar agar mempermudah koneksi antar cabang dan lainnya, namun dukungan keamanan dalam hal ini cukup mengkhawatirkan, terutama data yang terdapat dalam perangkat yang digunakan, baik PC/Komputer ataupun smartphone.

Sebagai contoh, Anda mengakses sebuah situs di Indonesia terblokir karena beberapa hal, namun setelah Anda menggunakan VPN yang disambungkan dengan jaringan internet publik Singapura situs yang terblokir bisa dibuka, meskipun Anda berada di Indonesia. Dengan pola tersebut, pembatasan WA, FB dan IG juga tidak menjadi persoalan ketika menggunakan cara ini. Anda tetap bisa berkirim gambar, file, video serta lainnya.

Paling penting untuk diketahui juga, sebagaimana laporan dari Metrics Labs

di tahun 2019 disebutkan 5 aplikasi VPN gratis di Android paling populer menjadi salah satu sumber celah keamanan yang memungkinkan malware masuk dengan begitu mudah ke ponsel penggunanya. Parahnya, seperempat di antaranya memiliki bug yang bisa melanggar privasi. Sedangkan menurut catatan Google, aplikas semacam ini sudah diintsal lebih 260 juta kali.
Bahaya Aplikasi VPN di Komputer dan HP

Agar Anda tidak terjebak dengan kemudahan yang diberikan,

apalagi Anda yang tidak begitu perhatian terhadap keamanan berselancar di dunia maya, ini adalah beberapa bahaya yang terjadi bila Anda menggunakan VPN sebagaimana dirangkung dari berbagai sumber.

Baca Juga :