Bencana dan Manfaat Keberadaan Gunung Api

Bencana dan Manfaat Keberadaan Gunung ApiBencana dan Manfaat Keberadaan Gunung Api

Bencana dan Manfaat Keberadaan Gunung Api

Bencana dan Manfaat Keberadaan Gunung ApiBencana dan Manfaat Keberadaan Gunung Api
Bencana dan Manfaat Keberadaan Gunung Api

 

Indonesia merupakan negara yang dilalui 2 rangkaian gunungapi

Indonesia merupakan negara yang dilalui 2 rangkaian gunungapi yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Sehingga di Indonesia terdapat banyak sekali gunungapi sekitar 127. Keberadaan gunungapi tersebut memiliki dampak positif dan dampak negatif diantaranya sebagai berikut

Bencana yang ditimbulkan gunung api

1. Bahaya langsung, yaitu berupa letusan yang disertai hamburan abu, bom, batu apung, prioklastika, aliran lumpur, dan lava.
2. Bahaya tidak langsung, merupakan bencana yang dapat terjadi akibat adanya aktivitas gunung api, misalnya gelombang pasang (tsunami), gempa vulkanik, perubahan muka tanah, hilangnya sumber air tanah dan sebagainya.
3. Munculnya gas-gas berbahaya seperti asam sulfida, sulfur dioksida, dan monoksida.
4. Bahaya lanjutan seperti perubahan mutu lingkungan fisik (gerakan tanah, longsoran, guguran batuan dan sebagainya).
5. Letusan besar sebuah gunung api dapat meyebabkan jatuhnya korban jiwa, dan hilangnya harta benda bagi penduduk daerah sekitarnya.
6. Letusan gunung api dapat menimbulkan banjir lahar, baik lahar panas maupun lahar dingin. Lahar ini dapat merusak semua benda disekitar daerah yang dilaluinya.

Manfaat dari gunung api

1. Sumber mineral, daerah mineralisasi dan potensi air tanah merupakan aspek-apek positif yang dapat dimanfaatkan dari adanya aktivitas gunung berapi.
2. Daerah tangkapan hujan.
3. Daerah pertanian yang subur, kesuburan tanah di daerah tersebut diperoleh dari produk gunung api yang subur dengan iklim yang sejuk. Antara lain teh, kina, kol, wortel, dan berbagai holtikultura diusahakan di lereng gunung api.
4. Daerah objek wisata, keindahan panorama gunung api dengan kepundan yang aktif dengan lembah-lembah yang curam, fumarol serta danau kepundan menarik bagi wisatawan untuk berkunjung.
5. Sumber energi, tenaga panas bumi yang dihasilkan dari aktivitas gunung api dapat diubah menjadi pembangkit tenaga listrik.

 

Sumber : https://dosen.co.id/