BENTUK NEGARA FEDERASI

BENTUK NEGARA FEDERASI

BENTUK NEGARA FEDERASI

Federasi (juga dikenal sebagai negara federal) adalah

sebuah entitas politik yang dicirikan oleh suatu persatuan dari provinsi-provinsi, negara bagian, atau daerah-daerah lain yang memiliki pemerintahan sendiri di bawah pemerintahan federal pusat (federalisme).

Dalam sebuah federasi, status pemerintahan sendiri dari negara komponen, serta pembagian kekuasaan antara mereka dan pemerintah pusat, biasanya secara konstitusional tertanam dan tidak dapat diubah oleh keputusan sepihak dari salah satu pihak, negara bagian atau federal badan politik.

Selain itu, federasi adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan berdaulat secara formal dibagi antara otoritas pusat dan sejumlah daerah penyusun sehingga masing-masing daerah mempertahankan sedikit kontrol atas urusan internalnya.

Struktur pemerintahan atau konstitusional yang ditemukan dalam sebuah federasi dianggap sebagai federalis, atau menjadi contoh federalisme. Austria dan Bundesländernya adalah negara kesatuan dengan divisi administratif yang menjadi federasi melalui penerapan Konstitusi Austria setelah runtuhnya Austria-Hongaria pada tahun 1918. J

erman, dengan 16 negara bagiannya, atau Bundesländer, adalah contoh dari sebuah federasi. Federasi sering multietnis dan mencakup wilayah yang luas (seperti Rusia, Amerika Serikat, Kanada, India, atau Brasil), tetapi tidak selalu demikian.


Sumber: https://infotoyotabandung.co.id/background-changer-apk/