BENTUK NEGARA LIBERTARIAN

BENTUK NEGARA LIBERTARIAN

BENTUK NEGARA LIBERTARIAN

Libertarianisme (dari bahasa Latin: libertas, yang berarti “kebebasan”) adalah

kumpulan filsafat dan gerakan politik yang menjunjung tinggi kebebasan sebagai prinsip inti. Libertarian berusaha untuk memaksimalkan kebebasan politik dan otonomi, menekankan kebebasan memilih, asosiasi sukarela, dan penilaian individu.

Secara tradisional, libertarianisme adalah istilah untuk bentuk politik sayap kiri; ideologi kiri-libertarian seperti itu berusaha menghapus kapitalisme dan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi, atau yang lain untuk membatasi ruang lingkup atau efek-efek mereka, demi kepemilikan atau pengelolaan bersama atau kooperatif, melihat properti pribadi sebagai penghalang kebebasan.

Di Amerika Serikat, ideologi libertarian kanan modern, seperti minarkisme dan anarko-kapitalisme, mengkooptasi istilah pada pertengahan abad ke-20 untuk mengadvokasi kapitalisme laissez-faireatas hak kepemilikan pribadi yang kuat, seperti di tanah, infrastruktur, dan sumber daya alam.

Para libertarian telah menjadi pendukung dan aktivis kebebasan sipil serta kebebasan berpikir. Para pendukung bebas memandang kebebasan seksual sebagai ekspresi langsung yang jelas dari kedaulatan individu dan mereka secara khusus menekankan hak-hak perempuan karena kebanyakan undang-undang seksual mendiskriminasi perempuan: misalnya, undang-undang perkawinan dan tindakan pengendalian kelahiran.


Baca Juga :