DIET KEMAL, BUKAN SEMBARANG DIET YANG BISA KAMU IKUTI

DIET KEMAL, BUKAN SEMBARANG DIET YANG BISA KAMU IKUTI

Diet Kemal Mochtar viral. Penyiar radio Gen FM itu sukses membabat berat badannya, berasal dari 120 jadi 64 kilogram. Perlu syarat tertentu untuk ikut diet ini.

Awal awalannya Kemal Mochtar cuma mencoba menjawab pertanyaan teman-temannya perihal turun berat badan yang dapat dikatakan dahsyat. Penyiar radio Gen FM berikut sukses membabat berat badannya, berasal dari 120 ke 64 kilogram. Diet Kemal ini sebuah capaian yang akan susah anda kejar, para pemburu diet paruh waktu.

Awal mula mengambil keputusan untuk diet gara-gara pengalaman horor di malam hari. Bukan, bukan ketemu wewe gombel atau teringat mantan yang sudah lalu. Saat itu, Kemal tersedak ketika sedang tidur. Sudah tiga kali tenggorokannya tersedak. Sebuah pengalaman yang buat blio takut untuk tidur lagi.

“Gue dua atau tiga kali itu keselek, wah itu serem banget sih, keseleknya sampe gabisa ngomong dan gabisa napas. Itu rasanya kayak ke block gitu, dan pas diminumin air itu tumpah seluruh air yang tersedia di mulut gue. Rasanya kayak senang mati, panik sampe gue gamau tidur kembali gara-gara jadi takut mati,” tutur Kemal kepada DetikHealth.

Pengalaman horor itu yang mengawali booming-nya diet Kemal. Blio sempat mencoba naik sepeda sebagai pilihan olahraga untuk diet. Pun, catering sehat termasuk dulu dicoba. Berat badannya turun berasal dari 120 ke 90. Namun, ketika sudah susah payah, beratnya selamanya naik kembali ke 110 kilogram.

Setelah konsultasi bersama dengan dokter nutrisi, diet Kemal pun dimulai. “Jamnya diatur, makannya jam berapa. Jenisnya diatur, makanannya apa aja. Jumlahnya termasuk diatur. “Menu makanannya berasal dari dokter, dan gue pun cocok. Kenapa? Karena makanannya tersedia rasanya,” katanya menggambarkan perjuangannya sepanjang satu tahun demi diet Kemal ini.

Selain sesuaikan asupan nutrisi, Kemal termasuk tidak boleh tidak olahraga setiap hari. Anjuran dokter untuk diet Kemal adalah jalur kaki sepanjang 30 hingga 60 menit. “Kalo gue olahraga lari, itu tersedia perhitungannya sendiri. Jadi, dokter nyaranin yang sederhana aja, yaitu jalan. Gue setiap hari jalur 30-60 menit, dan itu penting gue mesti lakukan setiap harinya,” tegasnya.

Nah, membaca diet Kemal ini anda tentu mengira gampang-gampang saja. Masalahnya adalah diet Kemal ini bukan jenis diet untuk seluruh orang. Jadi, anda tidak secara mentah meniru diet Kemal begitu saja. Mengapa?

Lewat videonya yang sudah ditonton lebih berasal dari satu juta penonton, Kemal menyebutkan bahwa dietnya memang “dirancang” untuk dirinya sendiri. Sementara itu, tiap-tiap orang berbeda. Baik gender, usia, tekanan darah, hingga berat badan. Masing-masing miliki kadar nutrisi yang berbeda.

Jadi, jikalau pingin ikut diet Kemal, anda mesti konsultasi ke dokter nutrisi. Itu cara pertama yang penting mesti dijalankan supaya dapat “takaran” yang pas. Langkah ke dua adalah menguatkan niat. Kemal menyebutnya sebagai determinasi.

Sumber : https://penjaskes.co.id/

Baca Juga :

CARA MENENTUKAN JENIS OLAHRAGA YANG COCOK UNTUK KITA

CARA MENENTUKAN JENIS OLAHRAGA YANG COCOK UNTUK KITA

Tak seluruh orang cocok bersama dengan segala type olahraga. Misalnya dari kecil bahagia main futsal, kayaknya susah orang kayak gitu rela diajak nge-gym. Begitu juga sebaliknya

Kayaknya telah nggak kudu dijelasin lagi deh betapa pentingnya olahraga bagi tubuh manusia. Mens sana in corpore sano, di didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalil yang selalu keluar kecuali topiknya telah nyerempet-nyerempet soal kebugaran tubuh.

Oke, meski kami tahu olahraga itu kesibukan yang penting dan berguna, kenyataannya nggak banyak orang kok yang rela melakukannya. Berbagai pledoi yang kerap keluar kayak kesibukan, nggak ada daerah olahraga, hingga nggak ada temen yang diajak merupakan sebagian perihal yang kerap keluar sementara kami mager.

Nah, perihal yang kayak begitu yang kerap kali terjadi kecuali kami laksanakan type olahraga yang tidak kami suka. Bukannya tambah sehat, tambah stres iya gara-gara bosan. Oleh gara-gara itu, penting sekali membuat kamu memilih type olahraga yang sangat kamu butuhkan.

Hal pertama yang mampu kamu laksanakan adalah pahami pernah untuk apa tujuanmu berolahraga. Apa untuk menjaga kebugaran tubuh doang? Atau cuma rela mengecangkan atau mengecilkan anggota tubuh tertentu? Atau rela olahraga untuk PDKT si doi doang? Pilih dulu.

Jika jikalau kamu cuma kepingin olahraga didalam rangka PDKT si doi, ya kan blas nggak mashook kecuali kamu memilih olahraga futsal—misalnya. Bukannya mampu PDKT, gebetanmu tambah mampu kepincut serupa temen futsalmu, ya itu namanya siasat yang keliru brutal, Bung.

Kalau motif olahragamu cuma rela PDKT ya memilih saja olahraga yang mampu ditunaikan berdua secara bersamaan, and tanpa diganggu orang ketiga, keempat, atau kesebelas. Kamu mampu memilih olahraga panahan misalnya. Jadi sembari ikuti sunnah Nabi, juga mampu soksokan berlagak mbenerin cara dia memanah. Kan keren. Ya nggak? Berasa kayak Legolas gitu.

Atau kecuali rela lebih aduhai lagi, kamu mampu memilih olahraga karambol. Wah, telah tentu jadi terpancar aura keromantisannya. Apalagi kecuali ditunaikan di pos ronda. Wuih. Sangat menjaga kearifan lokal sekaleee.

Selain memilih motif untuk type olahraga yang dipilih, kamu juga sebaiknya memilih olahraga yang disukai. Sebab laksanakan kesibukan yang nggak disukai itu berat. Dalam tataran penentuan type olahraga kamu sangat haram mempraktikan kata-kata mutiara, “udah jalanin aja dulu, siapa tahu cocok.”

Hal ini kudu sehingga kamu mampu nikmati olahraga ini sejak pertama kali dimainkan. Soalnya kecuali telah ada perasaan nggak suka, laksanakan olahraga ini mampu membuat emosi sendiri lho. Masih mending kecuali yang emosi diri sendiri, lha kecuali orang lain menjadi ikut emosi gimana? Urusannya kan menjadi runyam.

Misalnya kamu nggak mampu dan nggak bahagia main futsal, namun gara-gara teman-temanmu ngajakin terus akhirnya kamu iyakan. Akhirnya yang terjadi kamu kaku banget mainnya, rela nendang bola aja kayak lagi ngerjain soal aritmatika, akhirnya timmu kalah. Lalu kamu kena damprat teman-temanmu.

Untuk menimbang olahraga yang kamu sukai sesungguhnya mampu di awali dari olahraga apa yang kerap kamu laksanakan sejak kecil. Biasanya olahraga yang kayak begitu yang bakal terus digemari hingga tua. Ketika kecil kamu bahagia bulutangkis misalnya, pernah melakukannya, tidak ada salahnya mencobanya lagi.

Sekalipun di awal-awal kamu barangkali tetap agak kaku memukul shuttlecock, namun kebanyakan orang bakal gampang punya kebiasaan kecuali sesungguhnya sementara kecil pernah atau kerap melakukannya. Jadi tak kudu ragu kecuali kamu rela bernostalgia bersama dengan olahragamu sementara tetap kecil.

Pertimbangan selanjutnya yang kudu kamu mencermati juga soal waktu. Ini penting khususnya bagi kamu yang telah bekerja atau telah memiliki keluarga. Jadwal olahraga tidak mampu ditentukan sebebas saat tetap sendiri, kudu berbagi. Akhirnya sementara senggang pun menjadi sempit, olahraga menjadi sulit.

Untuk itu, hiraukan lagi target olahraga bagi kamu yang telah sangat sibuk. Tidak mampu lagi kamu pasrah bersama dengan mengandalkan jadwal main futsal atau renang teman-teman kantor yang kadang cuma dilaksakan sebulan sekali. Ya kamu kudu pintar, nggak mampu kamu pasrah serupa kenyataan.

Olahraga lari, jalur cepat, atau naik turun tangga barangkali mampu menjadi pilihan. Tak kudu berar-berat melakukannya, yang penting rutin atau istikomah. Misalnya, saat galon air di kantormu habis, barangkali kamu mampu mengajukan diri sebagai relawan untuk mengangkat galon air dari lantai satu ke lantai empat misalnya.

Kalau kamu rela melakukannya tiap hari, tolong kami dikabari ya? Biar kami mampu pekerjakan kamu. Lumayan kan, mampu ngirit nambah Office Boy.

Pertimbangan selanjutnya yang kudu kamu laksanakan adalah, apakah kamu lebih bahagia olahraga sendiri atau olahraga bareng teman-temanmu.

Hal ini sesungguhnya terlihat remeh banget. Tapi percayalah, nggak seluruh orang itu bahagia bersama dengan olahraga bersama dengan teman-teman. Ada orang yang sesungguhnya bahagia menyendiri sementara olahraga. Biar mampu mengenang masa-masa PDKT si doi sementara olahraga bareng dan akhirnya ketikung temen sendiri.

Atau mampu menjadi sesungguhnya orang yang bahagia olahraga sendiri ini nggak mahir laksanakan olahraga tim sejak kecil. Kayak basket, sepak bola, atau futsal. Nggak pernah punya kebiasaan aja, menjadi kecuali rela melakukannya sekarang telah telat banget.

Baca Juga :

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri

Daun seledri dikenal sebagai jenis sayuran yang digunakan sebagai suplemen makanan. Ternyata daun, yang bisa dinikmati segar atau dimasak, juga punya beragam manfaat bagi tubuh. Berikut ini berbagai manfaat daun seledri yang perlu diketahui!

Manfaat daun seledri

Seledri adalah sayuran kaya serat dan rendah kalori yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Ini mengandung vitamin seperti vitamin K, vitamin C dan juga berbagai jenis vitamin B kompleks. Selain itu, ada juga beberapa mineral seperti potasium, mangan, magnesium dan kalsium.

Daun seledri secara alami juga mengandung berbagai fitonutrien yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Penasaran, apa manfaat kesehatan dari seledri? Inilah 12 dari mereka!

1. Turunkan kadar kolesterol
Keuntungan pertama dari seledri adalah dapat menurunkan kolesterol.

Diketahui bahwa kandungan senyawa 3-n-butylphthalide dalam seledri menurunkan kadar lemak darah. Sebuah penelitian pada hewan juga menunjukkan penurunan kadar kolesterol jahat atau HDL dan trigliserida setelah ekstrak seledri.

2. Meringankan nyeri sendi
Seledri juga memiliki manfaat dalam meredakan nyeri sendi.

Daun seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan gejala radang sendi, rematik dan asam urat. Manfaat seledri 1 masih terkait dengan kandungan senyawa 3-n-butilftalat di dalamnya. Terlepas dari daunnya, diyakini bahwa batang seledri juga bermanfaat untuk asam urat karena mereka bertindak sebagai obat diuretik.

3. Menurunkan tekanan darah
Seledri menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

Salah satu manfaat dari pemusnahan daun seledri adalah kandungan kalium yang dikandungnya. Disebutkan sebelumnya bahwa seledri dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah. Kolesterol dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit kardiovaskular, dan daun seledri dapat mengurangi kedua faktor risiko ini.

4. Kurangi kram menstruasi
Menstruasi dapat menyebabkan beberapa reaksi yang tidak menyenangkan, termasuk PMS dan menstruasi.

Seledri, terutama bijinya, termasuk dalam beberapa produk yang diyakini dapat meredakan ketidaknyamanan menstruasi. Bahan ini tentu dikombinasikan dengan bahan lain yang dikenal sebagai adas dan kunyit yang dikenal untuk kesehatan wanita.

5. Mencegah gigitan nyamuk
Mencegah gigitan nyamuk juga dianggap salah satu kelebihan daun seledri.

Gigitan nyamuk tidak selalu berbahaya, tetapi pasti menyebabkan ketidaknyamanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak seledri pada kulit dapat menangkal gigitan nyamuk hingga 4,5 jam. Seledri dapat ditemukan di beberapa penolak nyamuk.

6. Memperbaiki sistem pencernaan
Dipercaya juga bahwa seledri, yang kaya serat dan antioksidan, meningkatkan sistem pencernaan.

Manfaat seledri pencernaan termasuk meningkatkan perfusi usus, meredakan kembung, dan mencegah bisul dengan meningkatkan produksi lendir untuk melindungi saluran pencernaan.

7. Mencegah infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada organ yang berada di saluran kemih dari ginjal ke uretra.

Diyakini bahwa manfaat seledri sebagai diuretik berdampak pada pencegahan infeksi saluran kemih. Seledri dapat merangsang produksi urin. Bagaimanapun, manfaat ini harus direkonsiliasi dengan konsumsi cairan yang cukup untuk mencegah infeksi.

8. Membantu menurunkan berat badan
Seledri juga bisa menjadi makanan alternatif jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Seledri tidak hanya bergizi, tetapi juga kaya serat dan rendah kalori. Karena alasan ini, seledri cocok untuk dimasukkan dalam menu untuk menurunkan berat badan. Kandungan vitamin dan mineral dalam seledri juga cukup tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan gizi.

9. Sumber antioksidan
Tubuh membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Salah satu sumber utama adalah buah dan sayuran.

Seledri dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh karena mengandung vitamin C, beta-karoten, flavonoid dan berbagai senyawa antioksidan lainnya. Seledri adalah antioksidan yang membantu organ tubuh melawan radikal bebas dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca Juga :

Bahaya menggunakan pasta gigi untuk luka bakar

Apa yang Anda lakukan jika Anda memiliki wajan panas atau sedikit minyak panas? Kebanyakan orang akan mengandalkan pasta gigi sebagai ruang gawat darurat. Tapi sayangnya, ini salah, Anda tahu. Menerapkan pasta gigi ke luka bakar hanya akan memperburuk kondisi luka. Mengapa demikian?

Bahaya menggunakan pasta gigi untuk luka bakar

Pasta gigi atau pasta gigi yang disebutkan dapat menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar. Pada kenyataannya, ini sebenarnya adalah asumsi yang salah karena kandungan pasta gigi justru dapat memperburuk luka bakar.

Alasannya adalah pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia yang digunakan sebagai pemutih dan penyegar udara. Kandungan pasta gigi yang bermanfaat bagi gigi justru membuat jaringan di sekitar luka bakar semakin rusak. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi untuk mengubah warna kulit jika digunakan langsung pada luka.

Odol juga mengandung kalsium dan peppermint yang dapat meningkatkan risiko infeksi dan merusak jaringan kulit. Meskipun dapat memiliki efek dingin, penggunaan pasta gigi untuk luka bakar sebenarnya menutupi area luka dan memerangkap panas di dalamnya. Akibatnya, luka bakar akan sembuh lebih lama.

Bahan lain yang tidak boleh digunakan untuk mengobati luka bakar
Tidak hanya pasta gigi dianggap untuk mengobati luka bakar, ada banyak bahan rumah tangga lainnya yang sering digunakan. Bahkan, sekali lagi, bahan-bahan ini tidak dapat menyembuhkan luka dan bahkan menjadi lebih buruk.

1. Es batu
Es batu benar-benar dapat mendinginkan suhu kulit. Namun, penggunaan es batu atau air dingin dengan cara yang salah justru dapat memperparah kondisi Anda. Kedua bahan ini dapat mengiritasi area luka, bahkan menyebabkan semacam luka bakar yang disebut luka bakar dingin.

2. Minyak
Minyak memiliki berbagai kegunaan kesehatan, tetapi penggunaannya dalam kulit yang terbakar sebenarnya dapat memerangkap panas dan mencegah luka bakar dari penyembuhan. Oleh karena itu perlu untuk menghindari menggunakan berbagai jenis minyak goreng, serta minyak kelapa dan minyak zaitun.

3. Putih telur
Seperti mitos menggunakan pasta gigi untuk luka bakar, putih telur belum terbukti mengatasi kondisi ini. Putih telur mentah sebenarnya dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri pada luka. Bahan ini juga dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang, jadi hindari menggunakannya saat Anda mengalami luka bakar.

4. Mentega
Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa mentega dapat menjadi bahan alami yang efektif dalam pengobatan luka bakar. Seperti halnya minyak, mentega dapat memerangkap panas di area kulit dan memperlambat proses pemulihan. Selain itu, mentega tidak steril, sehingga dapat memicu infeksi di area kulit yang terluka.

Bahkan penggunaan pasta gigi untuk luka bakar belum terbukti mengurangi rasa sakit, terutama untuk mengobati luka. Untuk menghindari luka bakar yang tahan lama atau bahkan lebih buruk, adalah ide yang baik untuk menghindari menggunakan bahan yang belum terbukti berguna.

Baca Juga :

Menjaga Ibu dan Bayi Tabung

Kesehatan ibu merupakan faktor penting untuk keberhasilan IVF. Karena itu, ketika menjalani IVF, ibu disarankan untuk menjaga kebugaran fisiknya dan mengurangi aktivitas yang menyebabkan kelelahan.

Meski begitu, ini sebenarnya tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk bergerak aktif. Namun, perhatian harus diberikan dalam menentukan jenis kegiatan yang ingin Anda lakukan. Jenis kegiatan tentunya harus disesuaikan dengan setiap fase program IVF.

Mengapa ibu tidak boleh kehabisan selama IVF?

Ada dua alasan mengapa ibu yang menjalani IVF perlu mempertahankan energi tubuh mereka dan tidak boleh kelelahan. Berikut ulasannya:

1. Aktivitas fisik yang berkaitan dengan kesuburan
Aktivitas fisik membuat tubuh Anda kuat, bugar, dan penuh energi untuk menghadapi kehamilan. Namun, aktivitas fisik yang berlebihan dapat menghambat pelepasan sel telur dan mengubah seluruh siklus menstruasi.

Beberapa jenis aktivitas fisik juga dapat memengaruhi perkembangan dinding rahim. Pada awal kehamilan, dinding rahim harus menebal sehingga embrio dapat menempel dan berkembang.

Jika Anda berolahraga terus menerus secara terus menerus, aliran darah yang harus difokuskan untuk mengentalkan lapisan rahim sebenarnya dialihkan ke organ lain. Kondisi ini memastikan bahwa penebalan uterus tidak optimal.

Itulah sebabnya, melakukan latihan kelelahan yang intens saat menjalani program fertilisasi in vitro dapat memengaruhi perkembangan dinding rahim sehingga juga memengaruhi hasil IVF secara keseluruhan.

2. Obat-obatan dalam IVF membuat ibu merasa lelah
Program IVF menggunakan obat-obatan khusus yang mendukung kesuburan. Obat-obatan ini bekerja dengan meningkatkan jumlah hormon tertentu yang membantu pematangan dan pelepasan telur (ovulasi).

Apa pun yang memengaruhi hormon Anda akan menimbulkan efek samping, termasuk obat kesuburan. Efek samping yang sering terjadi termasuk perut kembung, mual, payudara sensitif, sakit kepala, perubahan mood dan perubahan nafsu makan.

Proses stimulasi ovulasi juga bisa membuat tubuh merasa lesu dan lelah. Inilah sebabnya mengapa ibu disarankan untuk mengurangi aktivitas yang dapat menyebabkan kelelahan selama IVF.

Aktivitas fisik untuk wanita yang menjalani IVF

Meskipun perlu membatasi aktivitas fisik tertentu selama IVF, ini tidak berarti bahwa Anda hanya bisa berbaring di rumah. Aktivitas fisik diselingi dengan istirahat adalah kombinasi penting untuk tubuh yang bugar.

Aimee Eyvazzadeh, ahli endokrin reproduktif, menyarankan para ibu untuk melanjutkan aktivitas fisik dengan intensitas ringan. Kegiatan seperti ini bermanfaat untuk menjaga berat badan, mengelola stres, dan menyeimbangkan hormon.

Saat menjalani program IVF sehingga ibu tidak lelah dan tetap aktif, ada beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan, termasuk:

Latihan aerobik seperti berjalan, bersepeda, jogging dan berenang selama 30 menit. Lakukan 5 kali seminggu.
Olahraga ringan untuk menguatkan otot seperti latihan dumbbell. Lakukan hingga 2 hari seminggu.
Gerakan untuk menguatkan otot panggul, seperti squat.
Yoga dan meditasi
Tugas harian.
Meskipun aktivitas di atas diklasifikasikan sebagai aman, sangat disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Konsultasi ini bermanfaat agar calon ibu tahu dengan pasti apakah aktivitas tersebut berpotensi menyebabkan kelelahan dan aman saat dikenakan IVF atau tidak.

Ibu juga perlu memahami bahwa menjaga energi tubuh tidak hanya dilakukan dengan menghindari aktivitas berat. Asupan makanan yang kaya karbohidrat, nutrisi dan lemak juga memiliki peran penting sebagai kontribusi energi.

Baca juga:

Cegah bau mulut saat puasa

Saat memasuki bulan Ramadhan, Anda mungkin mengalami berbagai masalah mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. Karena, tidak makan dan minum selama berjam-jam dapat menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Untuk ini, cara yang efektif untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut selama puasa diperlukan. Nah, berikut ini beberapa tips yang dirangkum oleh para ahli.

Cegah bau mulut saat puasa

Meski berpuasa sepanjang hari, bukan berarti kita tidak bisa mencegah bau mulut selama bulan Ramadhan ini.

Agar mulut Anda penuh hari yang segar dan bersih, Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah bau mulut. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Hindari makanan pedas saat sahur, seperti jengkol atau bawang.
Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat matahari terbit dan cepat rusak. Bakteri yang menyebabkan halitosis berkembang biak dengan cepat jika banyak gula tertinggal di mulut.
Cegah mulut mengering dengan menyeka banyak air ketika fajar menyingsing dan pecah. Semakin kering mulut Anda, semakin besar kemungkinan bau mulut.
Sebelum tidur, bilas dengan air garam. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Lalu bilas selama tiga puluh detik dan buang, jangan menelan. Air garam berfungsi sebagai antiseptik yang akan mengeluarkan bakteri yang menyebabkan halitosis.
Mengisap dan mengunyah jeruk atau lemon saat fajar dan berbuka puasa. Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut tidak menjadi kering dan berbau.
Cara menghilangkan bau mulut saat puasa
Jika bau mulut tiba-tiba muncul, Anda mungkin panik atau tidak yakin pada diri sendiri. Tenang dulu. Anda dapat mencoba tiga cara cepat untuk menghilangkan halitosis selama puasa berikut.

1. Berkumurlah dengan obat kumur
manfaat obat kumur

Jumlah bakteri dalam mulut dapat menyebabkan halitosis. Anda dapat menyingkirkan bakteri ini dengan berkumur menggunakan obat kumur.

Cara terbaik adalah menggunakan obat kumur tanpa alkohol dan memastikan bahwa obat kumur yang Anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut Anda. Berkumurlah secara teratur untuk menghilangkan bau.

2. Sikat gigi Anda
sikat gigi saat puasa

Setelah fajar, jangan lupa menyikat gigi dengan saksama. Pastikan Anda mencapai semua bagian mulut Anda, bahkan di antara gigi Anda.

Ini berguna untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Menyikat gigi di sore atau malam hari juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau mulut saat puasa jika benar-benar diperlukan.

Namun, beberapa orang merasa tidak nyaman harus menyikat gigi dengan pasta gigi saat berpuasa. Jadi cukup basahi sikat gigi dengan air, Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi.

3. Bersihkan lidah
cara membersihkan lidah

Lidah Anda juga bisa menjadi sarang bakteri sehingga halitosis muncul. Jika Anda merasa napas Anda tidak enak, Anda bisa membersihkan lidah dengan pembersih lidah khusus yang sekarang banyak dijual di toko-toko.

Ini juga merupakan cara untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

Tidak perlu menggunakan pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Namun, pastikan bahwa pembersih lidah selalu higienis.

Baca juga:

Perbedaan dalam tablet kalsium dan suplemen effervescent

Ketika Anda berpuasa, kebutuhan sepakbola Anda harus dipenuhi. Saat ini ada berbagai jenis suplemen di pasaran untuk memenuhi kadar kalsium, terlepas dari sumber makanan sehari-hari. Ya, Anda mungkin sudah tahu jenis tablet kalsium dan suplemen effervescent (hukum effervescent). Namun, apa perbedaan antara kedua jenis suplemen tersebut? Di antara keduanya, suplemen seperti apa yang terbaik, terutama saat puasa? Periksa jawabannya di bawah ini.


Perbedaan dalam tablet kalsium dan suplemen effervescent

Suplemen kalsium diperlukan jika seseorang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, terutama ketika mereka berpuasa di mana mereka tidak mendapatkan makanan dan minuman selama sekitar 13 jam sehari.

Fungsi utama kalsium dalam tubuh adalah untuk membangun dan memperkuat tulang, tentu saja akan lebih baik jika disertai dengan asupan vitamin D. Sementara fungsi lainnya adalah memperlancar aliran darah, mengirim sinyal saraf, melepaskan insulin dan mengatur kontraksi otot dan pembuluh darah.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh yang sebagian besar diawetkan dalam tulang dan gigi. Jika tingkat kalsium tidak mencukupi, tubuh akan mengambil cadangan dari tulang dan gigi. Akibatnya, tulang dan gigi Anda akan kehilangan kepadatan dan kekuatannya.

Ada beberapa bentuk suplemen yang mengandung kalsium di pasaran. Bentuk yang paling populer dikompresi dan berbuih. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dari bentuk hingga penyerapan. Jadi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Lihat ulasan di bawah ini.
Suplemen kalsium dalam tablet

kalsium klorida

Suplemen kalsium dalam bentuk tablet walet biasanya besar, sehingga sulit untuk ditelan. Di antara tiga bentuk suplemen, bentuk tablet juga diserap lebih lambat oleh tubuh. Karena tablet memerlukan lebih banyak waktu untuk diselesaikan selama pemrosesan di saluran pencernaan, karena bentuknya yang padat dan keras.
Suplemen kalsium efervesen

Tidak seperti suplemen tablet kalsium, menggunakan suplemen dalam bentuk effervescent cukup unik. Suplemen jenis ini dijual dalam bentuk padat, tetapi setelah itu tablet effervescent harus dilarutkan dalam segelas air sebelum diminum.

Bahkan, dilaporkan oleh Ear, Nose and Throat Journal, suplemen kalsium dalam bentuk effervescent sebenarnya yang paling mudah diserap dengan cepat oleh tubuh dibandingkan dengan jenis tablet. Karena kandungan kalsium yang telah meleleh dengan air dapat dimasukkan secara langsung dan diedarkan dalam pembuluh darah tanpa harus melalui proses pencernaan yang lama.

Selain itu, suplemen kalsium effervescent juga memiliki rasa yang menarik. Itu sebabnya ketika larut dengan air, warna air cenderung berubah berdasarkan rasa efervesen itu sendiri. Jadi ketika Anda meminumnya, rasanya akan lebih enak karena ada rasa dukungan.
Saya harus memilih suplemen kalsium yang mana, eh?

Pada dasarnya, semua jenis suplemen kalsium baik untuk dikonsumsi saat puasa atau tidak. Namun, dengan catatan, Anda mematuhi semua aturan penggunaan. Jangan lupa, bahkan sesuaikan kondisi tubuh Anda sebelum menentukan bentuk suplemen mana yang terbaik.

Jika Anda mengalami kesulitan menelan suplemen berbentuk tablet, opsi lain mungkin berkurang dengan efervesensi. Namun, jika Anda menginginkan cara termudah untuk mengonsumsi suplemen dengan penyerapan tercepat, alternatif terbaik adalah mengonsumsi suplemen efervesen.

Persyaratan cairan tubuh selama puasa tidak boleh dianggap remeh. Karena itu, effervescence juga dapat membantu meningkatkan cairan dalam tubuh melalui penggunaannya dengan melarutkannya dalam air.
Pertimbangan pada pilihan suplemen kalsium

Sebelum mengonsumsi suplemen kalsium sehingga kebutuhan harian Anda tetap terpenuhi, ada sejumlah poin yang penting untuk diperhatikan.

Pilih jumlah kalsium yang tepat. Pastikan Anda tahu berapa banyak kalsium yang Anda butuhkan sebelum membeli suplemen kalsium. Untuk ini, Anda harus memeriksa label kemasan produk atau berkonsultasi dengan profesional kesehatan seperti dokter, ahli gizi, apoteker atau bidan yang mengelola Anda.

Perhatikan aturan penggunaan dan integrasikan interaksi dengan obat lain. Seperti halnya suplemen dan obat lain, suplemen kalsium juga dapat bekerja lebih cepat, lebih lambat dan bahkan menyebabkan komplikasi jika penggunaannya disertai dengan berbagai jenis obat. Solusinya jika Anda menggunakan jenis obat lain, tanyakan kepada dokter Anda apakah suplemen kalsium dan obat-obatan ini dapat dikonsumsi bersamaan.

Baca juga :

 

Pengerasan arteri

Arteriosklerosis atau aterosklerosis adalah gangguan di mana arteri menyempit akibat lemak di dinding arteri dan kemudian mengeras oleh jaringan fibrotik dan kalsifikasi.

Apa itu Aterosklerosis?

Arteriosklerosis yang disebabkan oleh deposisi kolesterol disebut aterosklerosis, yang menghambat pasokan oksigen dan darah ke organ-organ seperti jantung, mata, ginjal, kaki, usus, dan otak.

Perlu diingat, plak yang menyebabkan aterosklerosis tersusun atas zat kalsium, kolesterol, fibrin dan lemak. Plak dibawa ke aliran darah, yang dapat menyebabkan penyumbatan. Kondisi ini menghalangi sirkulasi darah dan oksigen dari arteri ke seluruh organ tubuh.

Pertumbuhan plak akhirnya menyumbat seluruh arteri dan menyebabkan kematian jaringan untuk menerima pasokan arteri. Gangguan ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Meskipun aterosklerosis termasuk dalam kelompok gangguan jantung, aterosklerosis atau kekakuan arteri dapat terjadi di semua bagian tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan di bagian tersebut.

Jika arteri jantung (arteri koroner) dipengaruhi oleh arteriosklerosis,

kekakuan arteri akibat deposisi kolesterol juga dapat menyebabkan angina, irama jantung abnormal atau gagal jantung kongestif.

Di sisi lain, jika arteri serebral (arteri serebral) dipengaruhi oleh arteriosklerosis, orang tersebut mungkin terpapar pada “ancaman stroke” yang disebut serangan iskemik transien atau kematian aktual jaringan otak yang disebut stroke. Ada.

Arteriosklerosis akibat deposit kolesterol, yang disebut aterosklerosis, dapat terjadi pada masa kanak-kanak. Lapisan lemak berkembang di aorta (pembuluh darah terbesar yang memasok tubuh bagian atas dan bawah) tak lama setelah kelahiran.

Aterosklerosis tidak hanya dipengaruhi oleh kadar kolesterol LDL yang tinggi, tetapi juga oleh kurangnya aktivitas fisik, diabetes mellitus, hipertensi dan obesitas. Selain itu, peningkatan kadar homosistein darah, lipoprotein alfa, fibrinogen, juga dilaporkan berhubungan dengan perkembangan aterosklerosis.

Pada orang dengan riwayat keluarga hiperkolesterolemia, pengerasan pembuluh darah ini dapat memburuk dengan cepat pada awal 20-an dan menjadi lebih parah pada 40-an dan 50-an.

Proses pembentukan aterosklerosis

Setelah mengetahui bahwa aterosklerosis adalah kelainan arteri akibat penumpukan kolesterol, penting untuk diketahui bahwa aterosklerosis tidak begitu terbentuk dan merupakan penyakit yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pengerasan arteri akibat deposisi kolesterol dimulai dengan kerusakan pada endotelium (lapisan dinding pembuluh darah) yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, kadar kolesterol jahat yang tinggi, dan kebiasaan merokok. Cedera endotel ini kemudian berkembang menjadi plak.

Saat kolesterol melewati endotelium yang rusak, ia segera memasuki arah dinding pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan sel darah putih mengalir ke daerah endotelium dan membantu pencernaan kolesterol jahat.

Seiring waktu, kolesterol dan sel-sel ini menumpuk dan membentuk plak di dinding arteri. Formasi plak ini memakan waktu sangat lama hingga beberapa tahun.

Plak terbentuk dari kolesterol dan limbah seluler yang menonjol dari dinding pembuluh darah. Ketika ukurannya terus bertambah, plak dapat menyumbat aliran darah. Ketika aliran darah terganggu, berbagai masalah kesehatan dapat terjadi.

Namun, kekakuan arteri atau penyumbatan pembuluh darah bisa tiba-tiba pecah dan menyebabkan darah menggumpal di daerah sekitar arteri yang rusak.

Jika ini terjadi di otak dapat menyebabkan stroke dan jika terjadi di jantung dapat menyebabkan serangan jantung. Tidak mengherankan bahwa aterosklerosis adalah penyakit yang dialami banyak orang lanjut usia karena prosesnya lama dan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Aterosklerosis dan munculnya penyakit

Penyakit yang terkait dengan aterosklerosis berhubungan dengan pembuluh darah, yang berarti bahwa kekakuan arteri dapat terjadi di otak, ginjal, lengan, kaki, dan jantung.

Aterosklerosis dapat menyebabkan penyakit-penyakit berikut ini, karena penyakit ini berbeda tergantung pada di mana pembuluh darah terserang.
Penyakit arteri karotis

Aterosklerosis adalah penyakit yang terjadi ketika plak menumpuk di arteri karotid di sebelah leher Anda. Arteri ini membawa darah yang kaya oksigen ke otak.
Penyakit arteri perifer

Aterosklerosis menyebabkan plak menumpuk di arteri perifer, sehingga dapat menyebabkan penyakit arteri perifer. Arteri perifer adalah kondisi stenosis arteri yang menyebabkan aliran darah ke kaki tersumbat.
Penyakit ginjal kronis

Plak yang menumpuk di arteri ginjal

Baca juga :

Manfaat Tidur Siang

Manfaat Tidur Siang

Di bawah ini adalah keuntungan dari tidur siang yang mengecewakan yang hilang.

1. Meningkatkan daya ingat dan mempertahankan konsentrasi

Tidur siang memengaruhi kemampuan kognitif manusia. Selama tidur, area otak yang berguna untuk melestarikan memori diaktifkan kembali. Aktivitas saraf yang terjadi selama tidur meningkatkan kemampuan memori jangka panjang. Akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari berbagai hal sambil mengingat.

Tingkatkan kesehatan jantung

Semua organ dalam tubuh berfungsi sesuai waktunya, salah satunya adalah jantung. Jika Anda mengantuk, tekanan darah Anda akan naik dan jantung Anda akan bertambah buruk. Itu sebabnya tidur adalah obat paling ampuh untuk mengatasi kantuk. Selama tidur siang, kami akan menyediakan waktu bagi pikiran untuk beristirahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur berisiko terkena penyakit jantung dan mereka yang tidur cukup aman dari risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mengurangi stres Saat mengantuk, kadar hormon kortisol naik.

Hormon ini berfungsi untuk mengatur respons tubuh terhadap stres, termasuk stres. Karena itu, ketika konsentrasi kortisol meningkat, stres yang Anda rasakan meningkat. Banyak kerugian yang bisa dilihat dalam tubuh saat kita tekankan, salah satunya cenderung sakit. Tidur siang membantu tubuh mengurangi kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi stres sambil mengurangi risiko penyakit jantung.

Bantu lawan Anda merasa lapar

Camilan saat saya lapar di sore atau malam hari bisa jadi teman setia. Namun, saat puasa, tentunya Anda harus menghindari camilan hingga waktu istirahat tiba. Wajar jika terjadi kelaparan di siang hari, itu terjadi karena ada perubahan ritme sirkadian (alias jam tubuh tubuh) yang kita capek dan butuh makanan. Tidur siang adalah alternatif untuk menekan keinginan untuk kelaparan dan makan. Tidur terbukti membatasi ghrelin dan meningkatkan leptin, dua hormon metabolisme yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

Tingkatkan mood Anda

Kurang tidur dengan perut kosong merusak keseimbangan hormon neuroendokrin dalam tubuh. Kita menjadi lebih marah dan marah. Nah, untuk mengatasi hal ini, tidur siang bisa menjadi solusi. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin ke tingkat normal, seperti tingkat hormon tidur nyenyak.

Meningkatkan kesehatan kulit

Jika Anda jarang minum dengan perut kosong, bibir Anda akan pecah dan kulit Anda akan kering. Kulit kering dapat menyebabkan penuaan dini. Tidur siang membantu menjaga pelembab kulit dan memperpanjang regenerasi kulit dan jaringan sehingga terlihat lebih segar.

7. Isi ulang daya

Puasa bukan alasan untuk malas, kita masih harus bergerak seperti biasa. Jika Anda merasa tubuh Anda lelah, jangan ragu untuk tidur siang. Sistem motor yang terus digunakan selama aktivitas akan habis untuk bekerja seolah-olah lambat dan tidak fokus. Saya bisa bersemangat untuk bekerja lagi karena saya bisa mengurangi kelelahan ini hanya dengan beberapa tidur siang.

baca juga :

 

Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan
Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan

 

Nama latin Apium graveolens

Daun Seledri atau orang kadang menyebutnya juga dengan Daun Sop ini memiliki nama latin Apium graveolens, Tumbuhan ini biasanya di jadikan sebagai salah satu bumbu makanan atau masakan tak terkecuali di Indonesia. Seledri sudah di kenal sangat lama di Peradaban dan tidak di ketahui secara pasti mengenai di mana tumbuhan ini berasal, Nah untuk Indonesia tumbuhan Seledri ini masuk ke Indonesia mealui Orang-orang Belanda pada zaman Penjajahan dahulu, yang mana pada Zaman Dahulu tumbuhan ini di manfaatkan sebagai penyedap Sup, Oleh karena itulah banyak orang di indonesia kadang menyebut daun Seledri ini sebagai Daun Sup atau Daun Sop. selain untuk Masakan ternyata daun seledri juga memiliki manfaat yang beragam untuk Kesehatan tubuh maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Manfaat Daun Seledri ini.

Manfaat Daun Seledri

Siapa sangka jika di balik daunnya yang hijau dan bertextur yang acak juga memiliki manfaat yang terkandung di dalamnya yang Luar biasanya banyak, salah satunya yang sering di sebut adalah kemampuan Daun seledri untuk menambah jumlah air kencing, dalam artian membuat air kencing menjadi lancar. Nah berikut Beberapa Khasiat Seledri yang bisa Anda Ketahui.

Manfaat Daun Seledri

Seledri baik untuk dinding lambung dan saluran usus.
Memperlambat proses penuaan(menjaga kemudaan sel)
Menjaga kelenturan dan aktivitas otot
Mengobati asma
Mengobati diabetes
Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
Melancarkan aliran darah
Menetralkan asam tubuh
Melindungi otak dan sistem saraf
mengobati arthritis
Mengobati neuritis
mengobati rematik
Menurunkan tekanan darah
Menjaga berat badan
Setelah mengetahui Manfaatnya, turs kita akan mencoba membahas mengenai bagai mana cara menggunakannya untuk pengobatan, nah yuk kita lihat di bawah ini.

Pemanfaatan Daun Seledri Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Seledri Sebagai Obat batuk :
Siapkan daun seledri yang masih segar dan masih utuh, (lengkap dengan batang dan akarnya)
Potong-potong daun seledri tersebut, secukupnya
Rebus daun seledri tersebut, dengan air 3 gelas, sampai mendidih
Saring airnya dan biarkan sampai dingin
Tambahkan madu lebah secukupnya
Bagi menjadi dua bagian dan minum dua kali sehari pagi dan petang

 

Sumber : http://www.ngegas.com/

12