Cerita Rakyat Alue Naga

Cerita Rakyat Alue Naga

Berikut ini adalah cerita rakyat alue naga yang dapat anda simak sebagai berikut. Alkisah terdapat Sultan Meurah yang akan mengunjungi daerah pedesaan di pinggiran Kuta Raja. Banyak rakyat yang mengeluh kehilangan hewan ternak. Bahkan sering kali juga terjadi gempa yang membahayakan orang – orang di sekelilingnya.

Berdasarkan cerita tersebut Raja memerintahkan Renggali untuk menyelidiki bukit. Sesampainya disana ia menelusuri dari utara hingga ke selatan bukit. Ia merasa ada yang aneh dengan bukit tersebut. Lalu ia menaiki bagian bukit yang tinggi. Saat itu ia sangat heran dengan munculnya air dibawah kakinya.

Tiba – tiba terdengar suara minta maaf. Lalu setelah ditanya oleh Renggali, ia mau mengaku bahwa suara tersebut adalah naga sahabat ayahnya. Betapa kagetnya Renggali saaat melihat ternyata bukit itu mirip kepala ular yang tertimbun semak belukar. Naga itu meminta Sultan Alam untuk datang menemuinya.

Renggali menceritakan kisah tersebut kepada Sultan Meurah. Mereka berdua berangkat menuju ke bukit. Sesampainyta disana naga menceritakan kejadian hingga Sultan Alam meninggal dan ia terjebak di bukit ini. Ia meminta dihukum namun sang anak tidak berkenan untuk menghukumnya.

Hal ini dikarenakan ayahnya saja tidak ingin menghukumnya apalagi saya. Akhirnya sang naga dibebaskan. Mereka mencoba mencari pedang yang ditusukkan ke tubuhnya. Setelah pedang itu lepas maka sang naga diminta Sultan untuk kembali ke tempat asalnya di laut.

Dengan isak tangis naga mulai menggeser tubuhnya secara perlahan menuju ke laut. Hal ini menyebabkan terbentuknya alur sungai kecil yang disekelilingnya dipenuhi dengan rawa – rawa yang tergenang air. Berdasarkan kejadian tersebut Sultan memberi anma daerah tersebut dengan Alue Naga.

Baca juga :