Firman Adam : Pentingnya TIK dalam Pembelajaran

Firman Adam Pentingnya TIK dalam Pembelajaran

Firman Adam : Pentingnya TIK dalam Pembelajaran

Firman Adam Pentingnya TIK dalam Pembelajaran
Firman Adam Pentingnya TIK dalam Pembelajaran

Teknologi pada pendidikan merupakan hal yang penting. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam saat membukan kegiatan Focus Group Disccusion (FGD) Strategi Pelaksanaan Anugeran Atikan 2018 dan Anugerah Kihajar 2019 di Hotel Paronama, Jalan Raya Tangkuban Parahu, Jayagiri No.29, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Jumat, 12 Oktober 2018.

Firman mengatakan, terdapat berbagai tantangan yang dihadapi dunia pendidikan

memasuki era industri 4.0. Salah satunya berhubungan dengan teknologi informasi. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi begitu cepat dan guru pun harus bisa mengimbangi perkembangan terknologi tersebut serta menerapkannya dalam pembelajaran.

“Guru masa kini, dan masa depan wajib memiliki kompetensi TIK. Walaupun guru berada di generasi yang berbeda-beda, akan tetapi peserta didiknya adalah generasi Z yaitu milenial. Usia tiga tahun saja sudah pegang gedget,” ujar Firman.

Dinamika persoalan di jawa barat, salah satunya adalah maslaah teknologi informasi oleh para guru. Karena guru harus mempersiapkan siswa pada masanya.

Kini, guru memiliki tugas untuk mempersiapkan siswa pada masanya. Dengan konsep pembelajaran berbasis teknologi, diharapakan tidak ada kesenjangan antara guru dan siswa di sekolah. Kesenjangan ini akan berpengaruh dalam proses pembelajaran.

“Kalau kita tidak ikuti, maka ini akan memperbesar kesenjangan antara guru

dan peserta didiknya. Dengan ini, guru akan terbiasa membiasakan mengajar dengan menggunakan teknologi. Sehingga dapat memperkecil kesenjangan tersebut,” ujar Firman.

Firman berharap, dengan adanya kegiatan ini, akan membangkitkan kreatifitas guru dan siswa. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan inovasi terbaru dalam pembuatan model pembelajaran yang disesuaikan dengan siswa.

“Kita harus bangkit bersama, bangun bersama, mari kita bangun pendidikan

di Jawa Barat bersama-sama. Kita harus membangun pemahaman dan melakukan pembiasaan pada guru terhadap teknologi informasi, sekaligus menantang guru untuk terus berinovasi,” ujar Firman.***

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/niat-mandi-wajib/