Gaya Bahasa

 Majas / Gaya Bahasa

Puisi Pukul 4 Pagi memiliki tiga majas.

  1. Majas simile terdapat pada bait pertama, baris keempat yaitu à Lampu- lampu kota bagai kalimat selamat tinggal….                                            
  2. Majas personifikasi terdapat pada bait kelima baris kedua dan ketiga yaitu à Sementara kesunyian adalah buah yang menolak dikupas.
  3. Majas antiklimaks terdapat pada bait kelima baris keempat hingga keenam yaitu à Jika kaucoba melepas kulitnya, hanya akan kau temukan kesunyian yang lebih besar.
  1. Rima

Rima dapat menjadikan puisi lebih indah dan menjadikan makna lebih kuat. Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang pada puisi. Rima yang digunakan dalam puisi Pukul 4 Pagi adalah rima tidak beraturan.

  1. Kata Konkret

Puisi dituliskan dengan kata-kata yang konkret untuk membangkitkan imajinasi pembaca, kata-kata harus diperjelas.

Kata konkret yang terdapat dalam puisi Pukul 4 Pagi adalah sebagai berikut.

“Lampu” mewakili kalimat selamat tinggal. Yang dimaksud dengan Lampu disini adalah lampu di kota yang berkedip (ingin redup/mati) seperti hendak mengucap perpisahan.

“Buah” mewakili kesunyian. Pada puisi ini kesunyian diibaratkan sebagai buah, yang jika kulirnya dikupas hanya akan menemukan kesunyian yang lebih besar lagi.

Unsur Batin

Unsur batin adalah unsur dalam puisi yang disampaikan penyair melalui persamaan dan suasana jiwa, ada tiga unsurnya yaitu :

  1. Tema

Tema adalah pokok pikiran yang diungkapkan penyair dalam puisi. Tema pada puisi Pukul 4 Pagi adalah kesunyian yang dirasakan seseorang di kota yang ia tempati saat ini setelah melepas pergi cintanya.

  1. Perasaan

Perasaan penyair yang tampak dalam puisi Pukul 4 Pagi adalah kesedihan yang amat sarat terungkap karena ia merindukan cintanya yang berada jauh dari tempat tinggalnya dan telah ia lepas. Walaupun kisah cintanya telah usai dan gagal, namun tetaplah rasa itu istimewa. Pada pukul 4 pagi ia masih terjaga, memikirkan seseorang nun jauh disana yang ia cintai, yang sedang berusaha ia lupakan namun sulit untuk dilakukan. Hanyalah sunyi yang menjadi teman baiknya saat ini.

 

Recent Posts