ITS Siap Majukan Pendidikan dengan Teknologi 5G

ITS Siap Majukan Pendidikan dengan Teknologi 5G

 

ITS Siap Majukan Pendidikan dengan Teknologi 5G
ITS Siap Majukan Pendidikan dengan Teknologi 5G

Kemajuan teknologi telekomunikasi menuntut adanya transformasi, tidak terkecuali

dalam bidang pendidikan. Menyadari hal tersebut, operator seluler 3 (Tri) Indonesia mengajak kerja sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan uji coba jaringan 5G bertajuk Future is Now #IndonesiaTanpaBatas di Gedung Pusat Robotika ITS, Kamis (5/9/2019).

Uji coba jaringan 5G untuk kali pertama ini dihadiri langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. Dalam memberikan sambutannya yang sempat ditampilkan melalui teknologi hologram, rektor yang biasa disapa Ashari ini mengungkapkan bahwa kehadiran teknologi 5G akan mengubah seluruh sektor kehidupan, terutama dalam bidang pendidikan.

Ia juga menjelaskan, ITS sebagai digital eco campus menaruh perhatian besar terhadap

perkembangan jaringan komunikasi ini.Guru besar Teknik Elektro ini juga menekankan bahwa kolaborasi teknologi informasi dan industri merupakan sebuah keniscayaan. “Yang menjadi tugas bersama adalah bagaimana teknologi 5G ini mampu dimanfaatkan oleh kampus serta industri,” tegasnya.

Terkait masa depan pemanfaatan jaringan 5G oleh ITS, Ashari memaparkan bahwa jaringan 5G sangat disambut baik oleh sivitas akademika ITS. Menurutnya, banyak riset yang bisa dilakukan baik oleh mahasiswa maupun dosen ITS yang membutuhkan jaringan 5G untuk memaksimalkan teknologi yang dibuat.

“Misalnya riset robot autonomous yang diprakarsai mahasiswa ITS. Kekalahan yang sempat dialami tim robotika ITS

di Korea beberapa waktu lalu disebabkan oleh ketertinggalan penggunaan jaringan kita yang masih menggunakan 4G, ungkap mantan Kepala Departemen Teknik Elektro ITS ini memberikan contoh nyata.

 

Baca Juga :