Katabelece

Katabelece

Katabelece
Katabelece

Hari ini meme kuliah etika bisnis dan pada pertemuan ini, kami membahas mengenai Etika dalam praktik bisnis. Saat teman meme mempresentasikan materi ini, munculkan suatu kata yang membuyarkan lamunan meme “KATABELECE” meme pikir mereka sedang bercanda atau salah bicara, tapi saat meme melihat slide mereka, memang benar ada kata “KATABELECE” tersebut. Meme yang penasaran ini langsung meng-googling nya.
Meme mendapat jawaban yang menarik dari seseorang dengan akun Jusdan di Yahoo! Answer… Ini Linknya http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100306082923AAl4IXL .
Jusdan menjawab,
Katabelece berasal dari bahasa Belanda: “kattabelletje” yg kemudian dibahasa Indonesiakan menjadi “katabelece” yang arti sebenarnya (semula) “kata peringatan”. Dalam pengertian saat ini katabelece merupakan surat atau nota dari pejabat kepada bawahan yg meminta agar apa yg tercantum dalam surat tsb diperhatikan / dilaksanakan (surat sakti) Karena itu tidak heran apabila Drs.Kartiman dari UGM pernah mengusulkan agar tulisan atau ejaan jangan “katabelece”, akan tetapi “katebeletje”, karena menurut aslinya istilah kattebelletje itu berasal dari “kat (kucing)” dan “bel (klintingan)”.
Dari istilah asli diatas digambarkan bahwa :
Seekor tikus akan menggigil ketakutan, jika tiba-tiba mendengar bunyi klintingan kucing. Begitu pula seorang bawahan merasa takut sewaktu menerima suatu “surat sakti” dari atasannya atau tokoh yang berwibawa. Oleh karenya agar ia selamat dari akibat-akibat yang tak diinginkannya, imbauan yang tertera dalam surat sakti tadi dipenuhi segera. Siapa tahu dengan melaksanakan apa yg tercantum dalam surat sakti tsb nasibnya akan lebih baik lagi.
Jusdan memberi perumpamaan yang sangat menarik XD

Sumber : https://intergalactictravelbureau.com/