Masyarakat dan Sistem Pemerintahan Australia

Masyarakat dan Sistem Pemerintahan Australia

Masyarakat dan Sistem Pemerintahan Australia

Masyarakat dan Sistem Pemerintahan Australia

 Tinjauan Singkat Migrasi Ke Australia

            Dalam sejarah Australia  ada tiga gelombang  utama migrasi yang berpengaruh yang pertama,  migrasi penduduk asli yang diperkirakan memasukan Ausralia paling sedikit dalam dua gelombang dengan selang  waktu yang cukup lama.  Kedua, migrasi yang dimulai dari Sydney Cove ( gelombang ini yang dipacu oleh kelebihan penduduk di Inggris). Ketiga,  migrasi yang berakhir tahu 1940-an dimulai dari Australia melepskan diri dari Inggris. Sehingga menjadikan masyarakat Australia  memiliki budaya yang beragam.

 

Gelombang migrasi Australia pertama kali dimulai 30.000

tahun lalu yang dinamakan penduduk asli sebelum kedatangan  orang – orang Eropa  diperkirakan mereka datang dari India  melewati Semenanjung Malaya dan Nusantara. Tidak tahun pasti seberapa besar penduduk asli pada waktu Inggris datang pertama kali. Mereka terdiri dari banyak suku  dan bahasa yang berbeda  dan belum tinggal menetap masih nomaden. Sehingga gubenur pertama Athur  Phillip diperintahkan oleh  Inggris untuk berbuat baik terhadap penduduk Asli  akan tetapi sikap  baik dan menghormati  penduduk asli tidak berlangsung lama.

Penduduk asli pada umumnya

diperlakukan sebagai warga negara yang kedua. Dan penduduk pedatang juga memanfaatkan  dan mengespolitasi kekayaan alam yang sebesar – besarnya  sedangkan dibagian perdalaman penduduk asli dijadikan sebagai tenaga yang diupah dengan murah sehingga penduduk asli  menderita kseulitan ekonomi dan mendapat perlakuan diskriminatif sehingga angka kematian anak – anak penduduk asli sangat tinggi.

 

Penduduk asli baru di anggap oleh orang kulit putih

sejak tahun 1967 untuk pertama kalinya dan diberi hak suara untuk memilih dan terdaftar disensus penduduk. Tahun 1967 jumlah penduduk asli diperkirakan 144.381.  Namun perkembangan yang lambat membuat masyarakat ini tertinggal didalam negara yang mestinya mereka sangat dihormati tapi malah sebaliknya mereka menjadi santapan bagi penduduk pendatang.

            Migrasi kedua Australia  berlangsung tahun 1788,  rombongan pertama yang datang dari Inggris tiba tahun 1945 sesudah perang dunia ke-II. Dari tahun 1820 penduduk  pendatang yang datang hanya sedikit. Narapidana yang didatang hanya delapan dari sepeuluh narapidana namun tentara yang menjaga narapina tidak dibolehkan membawa keluarganya.  Tahun 1830 untuk melancarkan supaya banyak orang datang ke Australi permerintahan Inggris memberi bantuan bagi penduduk yang mau berimigrasi Australia, program ini terkenal dengan “ Assisted Immigration “ yang berlansung sampai Australia membentuk Comonwealth of Australia. Tahun 1835 diperkenalkan sistem oleh pemerintah Inggris yaitu “ Bounty System”   menurut sistem ini para koloni  dimintak memilih kualifikasi imigran tertentu untuk didatangkan dan bekerja pada mereka.

            Tahun 1841 Carolina Chisholm mendirikan tempat penampungan wanita di Sydney  yang bertujuan  untuk membantu para wanita mendapat rasa aman dikoloni. Program – program yang dibuat oleh pemerintah Inggris dikatakan sangat berhasil sehingga Free Settlers melebihi parapidana. Sehingga koloni banyak menolak narapidana yang didatangkan dari Inggris. Sejak ditemukannya emas di New South Wales dan Victoria banyak imigarasi yang datang apalagi sejak dibukanya terusan zues sehingga  memudahkan proses imigrasi ke Australia.

            Sejak perang dunia I.  Orang Australia banyak diberangkatkan untuk perang namun banyak yang gugur dimedan perang, sedangkan angka kelahiran pada waktu itu tidak sebanding. Namun sejak tahun 1919 migrasi besar – besaran terjadi kembali hal ini disebakan karena Amerika menutup   migrasi dinegaranya sehingga berbondong – bondonglah orang datang ke Australia namun tahun 1930  migarsi turun lagi, hal ini disebakan karena dunia sedang dilanda depresi ekonomi. Jumlah orang keluar dari Australia pada waktu itu lebih banyak keluar dibandingkan yang masuk. Sesudah depresi ekonomi pertambahan penduduki dimulai lagi namun lambat, selama perang dunia II imigran terputus lagi.

Dengan wilayah Australia yang besar sedangkan penduduknya sedikit  hal ini menyebabkan sukar bagi Australia untuk mengembangkan negerinya semaksimal mungkin  terutama dibidang ekonomi. Untuk mengisi negerinya yang luas tersebut penduduk Asutralia  membangun lembaga – lembaga  yang dapat menagani masalah internal negara yang pertama kali yang dibangun kementrian imigrasi. Tujuan didirikan adalah untuk mendorong dan mengorganisasikan  imigrasi sebagai sarana peningkatan jumlah penduuduk negeri. Jabatan menteri pertama ini diduduki oleh A.A Calwell. Sehingga kurung waktu 35 tahun kenaikan jumlah penduduk autralia mencapai 100 %. Arus gelombang ini dikategorikan sebagai gelombang ketiga.

Sumber : https://www.givology.org/~danuaji/blog/696982/