Menghitung T-Test Paired Two Sample Mean dengan Excel

Pemrosesan data penelitian tentu tidak mudah,

kita perlu mempertimbangkan teknik validitas data. Membaca artikel ini akan memastikan bahwa perhitungan dengan studi menggunakan teknik pasangan uji T dua sampel rata-rata akan lebih mudah dan lebih efektif.

Menghitung T-Test Paired Two Sample Mean dengan Excel

Bagi mereka yang sebelumnya bingung tentang rata-rata 2 sampel pasangan T-pair, uji T rata-rata pasangan dua sampel adalah metode pemrosesan data berbasis SPSS, tetapi lebih mudah untuk membandingkan dua jawaban untuk pertanyaan yang sama. Sebagai contoh, peneliti dapat menghitung apakah permainan dapat memiliki dampak positif atau negatif pada responden, dan kemudian menghitung viskositas darah yang diukur dengan alat yang berbeda.

Sebelum memproses data, pastikan bahwa kuesioner pre-test dan post-test mengikuti aturan dan dikaitkan dengan hipotesis bahwa hasil yang diinginkan. Ajukan pertanyaan yang sama tentang pilihan ganda dan pertanyaan yang sama untuk menemukan perbandingan.

Rumus manual perhitungan:

Hitung perbedaan antara dua pengamatan (= Yi-Xi) untuk setiap pasangan.
Hitung perbedaannya
Ketika menghitung standar deviasi perbedaan Sd dan menggunakannya dalam perhitungan, kesalahan rata-rata berarti perhitungan uji-dua sampel.
Perhitungan statistik T dari perhitungan uji T versus ruang dua sampel H0 menyusut dengan distribusi t dengan n-1 derajat kebebasan.
Jika Anda membandingkan nilai T dengan tn-1 menggunakan tabel dari distribusi t, nilai uji t yang sesuai adalah nilai p.

Contoh kasus:

Peneliti menghitung perubahan skor responden dari tes tanpa modul pembelajaran dan kemudian tes dalam modul pembelajaran.

H1: Modul bisa mendapatkan pengetahuan.

H0: Modul tidak bisa mendapatkan pengetahuan.

Data berikut ini diproses

Jika Anda tidak memiliki penganalisa data, atur di rumus excel Anda

File-> Opsi-> Tambah-In-> Pindahkan
Alat Analisis Pemilihan Data Pack
dimengerti

Rentang 1 variabel diisi dengan skor 1 untuk responden 1 hingga 20
Rentang variabel 2 diisi dengan skor 2 dari responden 1 hingga 20.
Rentang output akan diisi kolom kosong

Dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima, seperti yang kita tahu bahwa T-stat lebih kecil dari T-kritis 2 ubin. Modul dapat menambah pengetahuan. Oleh karena itu, tutorial untuk menghitung T-test versus mean dua sampel menggunakan rumus excel