Minta PPDB Sistem Zonasi Dievaluasi

Minta PPDB Sistem Zonasi Dievaluasi

Minta PPDB Sistem Zonasi Dievaluasi

Minta PPDB Sistem Zonasi Dievaluasi
Minta PPDB Sistem Zonasi Dievaluasi

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi menuai keluhan dari banyak pemerintah daerah. Bahkan diharapkan PPDB sistem zonasi segera dievaluasi.

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) meminta agar Kemendikbud melakukan evaluasi terhadap PPDB dengan sistem zonasi. Permintaan tersebut muncul berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Apeksi di Semarang, Jawa Tengah yang ditutup Kamis (4/7) sore.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Apeksi Airin Rachmi Diany, mengatakan persoalan zonasi tidak semata berkaitan dengan jarak. Tapi juga dikombinasikan dengan nilai dan lainnya.

“Pemerintah kota bukannya menolak sistem zonasi,” kata Wali Kota

Tangerang Selatan ini, kemarin.

Dikatakananya, penyiapan regulasi PPDB sistem zonasi ini sangat berkaitan dengan kesiapan daerah dalam menyediakan infrastruktur.

“Sistem zonasi ini sebenarnya mendorong pemerintah daerah untuk mempersiapkan infrastruktur pendidikan,” katanya.

Ia berharap adanya solusi dari pemerintah berkaitan dengan rekomendasi soal PPDB dengan sistem zonasi ini.

Selain masalah pendidikan, rekomendasi lain yang dihasilkan Rakernas Apeksi 2019

ini berkaitan dengan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat.

Menurut dia, salah satu rekomendasi yang dihasilkan berkaitan dengan evaluasi jenjang rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama yang terlalu panjang. Menurut dia, rekomendasi Rakernas Apeksi ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diperjuangkan ketika disampaikan kepada pemerintah pusat.

 

Sumber :

http://bit.ly/2MtBR31

Cerpen Lucu Singkat

Cerpen Lucu Singkat

Pada suatu ketika terdapat dua orang sahabat sebut saja namanya Gino dan Giri yang senang untuk pergi ke pasar baru guna membeli sepatu. Gino sangat senang membeli sepatu, kesenangannya bertambah saat Gino dapat membelikan Giri sepatu juga. Mereka mendapatkan sepatu futsal impian mereka pada sebuah toko setelah berkeliling pasar.

Setelah memilih-milih jenis sepatu mana, akhirnya mereka menemukan sepatu yang cocok di hati dan sepakat untuk membeli dua pasang sepatu dengan harga Rp. 300.000. akan tetapi ketika Gino akan membayar ternyata uang cash yang Gino bawa hanya Rp. 100 ribu saja. Kemudian Gino menyuruh Giri untuk mengambil uang di ATM milik Gino, untuk itu Gino menyerahkan dompetnya kepada Giri.

“Giri sini” panggil Gino.

“Iya No, jadi ini mau bagaimana?” Tanya Giri dengan wajah kebingungan.

“Gir kamu ke ATM ya dan ambil uang Rp. 200.000 aja di mesin ATM punya ku. Kamu tahu kan Gir bagaimana cara mengambil uang di ATM?” tanya Gino dengan sedikit menyellidik.

“Jangan salah No, gini-gini aku tahulah bagaimana cara mengambil uang di mesin ATM itu. Jangan meremehkan orang lain dong No, apalagi ke sahabat sendiri.

“Ya sudah, ini bawa saja dompetu. Nanti kalaun sudah berhasil ambil saja uangnya memakai kartu milikku. Terus jika terjadi apa-apa segera hubungi aku yan Gir, jangan lama-lama, nanti kalau kelamaan aku dikira oleh yang jualan pengin beli tapi punya uang

“Siap aku berangkat, nanti kukasih kabar ya kalau uangnya sudah aku ambil, nanti kamu aku telfon kalu sudah berhasil.

“Ya sudah cepet berangkat, aku tunggu di sini, tapi inget agak cepet ya” kata Gino tidak sabaran.

“Selang 15 menit Gino menunggu Giri, Akhirnya Giri menelfon Gino dan berkata : “Reng, waduh reng celaka kita.”

“Celaka bagaimana Gir” jawab Gino kebingungan.

“ Uang di mesin ATM gak mau di ambil No, kartu kamu juga di tolak terus mirip dengan ATM punyaku dan sudah ku tanyakan ke satpam, katanya kalo terus dimasukin akan ke rejeck terus. Jelas Giri panjang lebar.

“Wah masa sih?” tanya Giri penuh curiga, soalnya dia baru saja mengubah kartu ATMnya

“Terus bagaimana ini? Apa mending tidak usah.? Kayanya akan lebih baik jika di batallin saja beli sepatunya. Besok aku mau nayain langsung ke pihak distributor sehingga harga yag didapat kan akan semakin murah.

“Emang kartu mana yang kamu masukin Gir? Tanya Gino dengan penuh penasaran.

“Itu tadi kartu yang aku masukin yang ada nama, tanggal lahir dan data diri kamu nya No, yang ada fotonya juga dan mirip sama kamu Gin.

“Innalillahi, sampai lebaran kucingpun gak bakal bisa diambil uangnya, mana ada sejarah KTP digunakan untuk mengambil uang di ATM

Baca Juga :

Tips Mengobrol Secara Rahasia di Facebook Messenger

Tips Mengobrol Secara Rahasia di Facebook Messenger

Sama seperti aplikasi WhatsApp, Facebook juga salah satu aplikasi yang banyak dipakai oleh masyarakat umum. Mulai dari dalam negeri sampai luar negeri.

Biasanya, orang-orang berkirim pesan melalui fitur Messenger di Facebook. Tapi tahukah kamu, bahwa ada fitur Secret Conversation di fitur tersebut?

Facebook Messenger membantu kamu jika ingin berkirim pesan dengan seseorang, tanpa diketahui oleh orang lain.

Mengutip blog resmi Facebook, berikut cara menggunakan Secret Conversation via Facebook Messenger di perangkat Android dan iPhone.

Untuk memulai Secret Conversation di Android, langkah pertama yaitu aktifkan dulu fitur Secret Conversation di smartphone.

Caranya, buka aplikasi Facebook Messenger, lalu klik profil dan aktifkan Secret Conversation.

Kalau sudah, masuk ke Chat dan klik tombol ikon yang berbentuk tanda seru di kanan atas. Lalu, pilih kata Rahasia atau Go to Secret Conversation.

Selanjutnya, pilih orang yang ingin kamu ajak chat. Kelebihan dari fitur ini adalah, kamu bisa mengatur waktu untuk menghapus pesan.

Jadi, cukup klik ikon jam weker, dan pilih waktu yang diinginkan. Pilih dari waktu 10, 30, hingga 1 menit.

Untuk iPhone

engatur Secret Conversation di iPhone, memiliki cara yang sama persis dengan Android.

Perlu diketahui, percakapan ini hanya bisa dilakukan di aplikasi Messenger. Tersedia di iOS dan Android, sehingga tidak akan muncul di obrolan Facebook atau messenger.com.

Sumber : pro.co.id

Manfaat Mengikuti Organisasi di Sekolah

Manfaat Mengikuti Organisasi di Sekolah

Disekolah pastinya ada tidak sedikit sekali organisasi yang diadakan, mulai dari organisasi Osis, Pramuka, Paskibraka, Palang Merah Remaja (PMR) dan sebagainya. Berikut ialah manfaat dari mengekor suatu organisasi

1. Melatih Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab mesti dipunyai oleh setiap pribadi yang hidup, namun terkadang rasa tanggung jawab yang anda miliki masih tidak cukup oleh karena tersebut saat mengekor organisasi, kita tentu akan diajar untuk memimpin atau menuntaskan sesuatu yang menjadi kegiatan dari organisasi. Nah, saat diserahkan tugas laksana itu, usahakanlah untuk tidak menghindar.

2. Melatih Kemampuan Komunikasi

Dengan banyaknya koordinasi yang mesti dilakukan, organisasi ialah tempat kita guna melatih keterampilan komunikasi. Tidak melulu komunikasi dalam masalah pekerjaan, tapi pun dalam komunikasi sehari-hari. Misalnya, bagaimana teknik membangun keadaan yang asik dan menyenangkan supaya grup yang anda pimpin dapat terus kerja dengan maksimal.

3. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Hal berikut yang akan menciptakan sebuah organisasi bakal terpacu guna mengembangkan pola pikir menyesuaikan dengan zaman yang terus berkembang. Selanjutnya, organisasi yang sedang dijalankan itu akan semakin unik dan secara tidak langsung pun akan meningkatkan pengetahuan serta wawasan untuk masing-masing anggotanya.

4. Belajar Membagi Waktu

Berorganisasi memang tak semudah yang dibayangkan. Banyak masa-masa yang tersita demi menjalankan organisasi.Kamu mesti dapat membagi waktumu guna belajar, keluarga, organisasi, bermain dan tidak boleh lupa sisakan waktu guna “me time” . Dengan begitu, ketika anda memasuki lingkungan kerja nanti, anda sudah terbiasa dengan jadwal pekerjaan yang padat dan mempunyai manajemen masa-masa yang baik.

5. Bermanfaat Bagi Diri Sendiri

Bermanfaat guna diri sendiri, dengan kata lain jika kita telah mempuyai suatu keterampilan di sebuah bidang, itu ialah manfaat guna bekal anda kedepannya. Dan yang tentu saat anda tergabung dalam organisasi anda akan mendapatkan tidak sedikit sekali ilmu yang baru yang sebelumnya barangkali belum anda miliki.

Sumber : studybahasainggris.com

Dampak Proyek Terhadap Lingkungan Sosekbud

Dampak Proyek Terhadap Lingkungan Sosekbud

Dampak Proyek Terhadap Lingkungan Sosekbud

Dampak Proyek Terhadap Lingkungan Sosekbud
Dampak Proyek Terhadap Lingkungan Sosekbud

Berdasarkan atas perkiraan kegiatan yang akan terjadi selama masa operasional proyek  dan berdasarkan atas kondisi lingkungan yang ada (rona lingkungan), maka dapat diperkirakan dampak yang akan timbul.
a. Dampak Positif
Terutama dalam menunjang program pemerintah memeratakan pembangunan, tingkat pendapatan masyarakat daerah, kesempatan kerja, kesejahteraan masyarakat, timbulnya gerak penduduk kemudian timbul sektor kegiatan ekonomi lainnya.
b. Dampak Negatif
Umumnya disebabkan oleh akibat dan proses budidaya penggemukan ternak sapi potong terciptanya limbah kotoran ternak (polusi bau busuk). Dampak negatif tersebut dapat terjadi pada masa kegiatan operasionaL
c. Identifikasi Dampak
Identifikasi dampak yang akan dilakukan menggunakan metode matriks yang menggambarkan interaksi antara komponen kegiatan dengan lingkungan yang terkena dampak, termasuk dampak yang bersifat sekunder dan tertier.
d. Prakiraan Dampak
Prakiraan dampak yang dilakukan dengan cara profesional judgement para ahli, metoda statistik dan analisa serta referensi/literatur yang berkaitan atau serupa dengan kegiatan perumahan yang akan dibangun, dan dapat juga dengan cara membandingkan hasil analisis data dengan Baku Mutu Lingkungan Nomor : Kep-03/MENKLH/ll/1991 tentang Pedoman Mutu Limbah Cair atau pada Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 1990.
e. Evaluasi Dampak
Atas dasar perkiraan dampak di atas akan disusun evaluasi dampak lingkungan akibat masing-masing kegiatan penyebab dampak, evaluasi dampak kegiatan terhadap komponen lingkungan penentu dampak penting dalam matriks tersebut didasarkan pada Keputusan Kepala Bapedal No.056 tahun 1994, faktor penentu dan tingkat kepentingan.
Adapun faktor penentuan meliputi:
(a) Jumlah manusia yang terkena dampak
(b) Luas wilayah penyebaran dampak
(c) Intensitas dampak
(d) Lamanya dampak berlangsung
(e) Banyaknya komponen lainnya yang terkena dampak
(f) Sifat kumulatif dampak
(g) Penanggulangan Dampak
Pencemaran terhadap Tanah : Proses aktifitas suatu usaha feedlot tidak mengeluarkan Iimbah yang dapat mencemari tanah dan dalam proses aktifitas tidak menggunakan air tanah sebagai bahan pembantu, sehingga konversi tanah tidak terganggu.
Pencemaran terhadap Air : Limbah cair yang merupakan salah satu faktor pencemaran Iingkungan perlu dikendahkan secara baik dengan proses yang tepat dan murah. Untuk penanggulangan Iimbah cair dari feedlot ini dapat dilakukan dengan secara biologi.
Pencemaran terhadap Limbah Padat : Limbah padat yang dihasilkan meliputi sampah/kotoran kandang berupa limbah organik.
Pencemaran terhadap Sosial Budava Masyarakat : Sebaliknya dengan adanya kegiatan feedlot ini, maka masyarakat sekitar kawasan mempunyai harapan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat yang ada disekitarnya. Karena kegiatan proyek ini diperkirakan akan menyerap tenaga kerja lokal, sehingga akan meningkatkan kesempatan kerja dan dengan sendirinya akan meningkatkan kesejahteraan, pendapatan dan merangsang timbulnya sektor ekonomi pendukung.

Baca Juga :

Aspek Hukum Perlindungan Lingkungan

Aspek Hukum Perlindungan Lingkungan

Aspek Hukum Perlindungan Lingkungan

Aspek Hukum Perlindungan Lingkungan
Aspek Hukum Perlindungan Lingkungan

Aspek Hukum Perlindungan Lingkungan dan Dasar Hukum dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah:
1) Keputusan Menteri KLH No.12/MENLH/3/94 tentang Pedoman Umum Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan.
2) Keputusan Menteri KLH No.11/MENLH/3/1993 tentang Jenis Usaha atau Kegiatan Yang Wajib Dilengkapi Dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.
3) Keputusan KLH No.14/MENKLH/3/1994 tentang Pedoman Umum Penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL).
4) Keputusan Kepala Bapedal No. Kep-056 tahun 1994 tentang Pedoman Mengenai Ukuran Dampak Penting.

5) Peraturan Pemenintah dan Keputusan Menteri yang Berhubungan Dengan Baku Mutu Lingkungan (BML)

Pengertian Rona Lingkungan
Rona Lingkungan merupakan kondisi lingkungan pada saat ini yaitu kondisi alam atau komponen-komponen lingkungan awal sebelum perencanaan dan pembangunan fisik dimulai. Rona lingkungan merupakan kondisi lingkungan awal sebelum tersentuh oleh kegiatan untuk keperluan perencanaan, konstruksi (pembangunan fisik) dan kegiatan operasi. Hal-hal yang termuat didalam rona lingkungan, yaitu:
a. Biogeofisik Kimia, meliputi : komponen-komponen lingkungan tersebut diketahui dengan melakukan survei lapangan, yaitu dengan suatu strategi pengambilan sampling yang tepat, kemudian dianalisa sesuai dengan komponen lingkungan masing-masing
b. Sosial Budaya dan Ekonomi, meliputi : komponen lingkungan ini didapat dengan melakukan penyebaran questioner, wawancara langsung kepada masyarakat, pemuka setempat dan data sekunder pada beberapa desa dan kecamatan di sekitar lokasi proyek. Dari data survey lapangan, data sekunder dan hasil analisis laboratorium pada masing-masing komponen lingkungan akan didapat kondisi lingkungan pada saat itu atau sebelum proyek didirikan (Rona Lingkungan).

Sumber : https://fascinasiansblog.com/

Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Disadari sepenuhnya bahwa kegiatan pembangunan apalagi yang bersifat fisik dan berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam jelas mengandung resiko terjadinya perubahan ekosistem yang selanjutnya akan mengakibatkan dampak, baik yang bersifat negatif maupun yang positif. Oleh karena itu, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan seharusnya selain berwawasan sosial dan ekonomi juga harus berwawasan lingkungan.
Pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang terencana dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup. Terlaksananya pembangunan berwawasan lingkungan dan terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana merupakan tujuan utama pengelolaan lingkungan hidup.

1) Pengertian Dampak Terhadap Lingkungan
Suatu kegiatan proyek akan mempengaruhi kondisi lingkungan dan akan menimbulkan dampak terhadap lingkungannya, dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan proyek ini dapat terjadi pada masa konstruksi maupun masa operasi proyek dan dapat berupa dampak positif maupun negatif bagi lingkungannya.

2) Komponen-Komponen Lingkungan
Diantara komponen-komponen lingkungan yang penting, adalah
a) Biologi, mencakup sub-komponen:
o Jenis flora fauna darat (vegetasi dan satwa)
o Jenis flora fauna perairan (plankton & bentos)
b) Geofisik, mencakup sub-komponen:
o lklim
o Fisiografi
o Hidrologi
c) Kimia, mencakup sub-komponen:
o Kualitas udara
o Kualitas air
d) Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, dijabarkan:
o Demografi industri dan kependudukan
o Sosial ekonomi
o Sosial budaya

Sumber : https://usgsprojects.org/

ISI Padang Panjang Kirim 8 Orang Mahasiswa Ikuti Pertukaran Pelajar

ISI Padang Panjang Kirim 8 Orang Mahasiswa Ikuti Pertukaran Pelajar

ISI Padang Panjang Kirim 8 Orang Mahasiswa Ikuti Pertukaran Pelajar

ISI Padang Panjang Kirim 8 Orang Mahasiswa Ikuti Pertukaran Pelajar
ISI Padang Panjang Kirim 8 Orang Mahasiswa Ikuti Pertukaran Pelajar

Sebanyak 8 orang Mahasiwa Institut Seni Indoneisa (ISI) Padangpanjang

melaksanakan pertukaran pelajar antar Perguruan Tinggi (PT) Indonesia dalam kegiatan program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) tahun 2016. Pertukaran pelajar ini adalah salah satu kerjasama ISI Padangpanjang dengan Perguruan tinggi lain di Indonesia.

“Saat ini, sebanyak 8 orang mahasiswa ISI Padangpanjang melaksanakan Student mobility. Selain itu, ISI Padangpanjang juga termasuk 100 PT yang masuk dalam dalam student mobility. 8 mahasiswa akan melaksanakan kuliah di PT lain di indonesia selama satu semester,” sebut Rektor Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi HAKI di ISI Padangpanjang, Kamis (8/9/2016).

8 orang tersebut di bagi pada beberapa Perguruan Tinggi Seni di Indonesia. Sebanyak 2 orang

dari Prodi karawitan dan DKV Atas nama Andre Perdana Putra, Wahyu Akbar dan ditempatkan di ISI Surakarta. 4 orang prodi Seni Murni , Kriya dan Fotografi atas nama Yosep Andika, Andrika Putra, Eri Inaldo dan Akmal ditempatkan di ISI Denpasar. Pada Prodi Televisi dan Film, ISI Padangpanjang mengirim 2 Orang mahasiswa atas nama Rahmat Febrian Fadli dan Andre Aprianto Nugroho di IKJ.

Mahasiswa tersebut akan melaksanakan perkuliahan selama 1 semester dengan jumlah SKS

Maksimal sebanyak 16 SKS ditambah pengayaan. Setiap mata kuliah yahng diambil tersebut akan dilakukan penyetaraan di kampus asal.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibantu biaya hidup sebanyak Rp. 600.000,-. Pembantu Rektor I Ediwar, S.Sn., M.Hum menambahkan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang akan mengikuti PERMATA tersebut akan diberangkatkan pada minggu ketiga September ini.

 

Baca Juga :

Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di Bukittinggi

Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di Bukittinggi

Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di Bukittinggi

Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di Bukittinggi
Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di Bukittinggi

Guna meningkatkan kualitas pendidikan generasi bangsa,

berbagai upaya terus dilakukan oleh para relawan dan pemerhati dunia pendidikan. Salah satu upaya itu adalah dengan menghadirkan Kelas Inspirasi di sekolah.

Besok, Senin 5 September 2016, para relawan pemerhati dunia pendidikan tersebut akan hadir di Bukittinggi.

Diantara sekolah yang akan dikunjungi oleh para relawan besok antara lain, SD 04 Birugo, SD 04 Bukit Apit, SD 08 Kubu Tanjuang, SD 08 Tarok Dipo dan SD 06 Pulai.

Sebanyak 42 orang inspirator profesional, 9 dokumentator akan langsung mendokumentasikan

kegiatan di sekolah – sekolah tersebut. Para inspirator itu berasal dari beberapa daerah seperti Palembang, Jambi, Jakarta, Jogja, Bandung, Padang, Bukittinggi, dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda. Saat ini, mereka sudah hadir di Kota Bukittinggi, ungkap Gema Ramadhan Handri, salah seorang penggagas kegiatan Kelas Inspirasi di Bukittinggi pada GoSumbar, Minggu 4 September 2016.

“Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi,” terang Gema.

Gema juga menuturkan, para profesional ini yang biasa juga disebut relawan pengajar berinteraksi

di sekolah untuk berbagi cerita dan pengalaman kerja dan memberi motivasi untuk meraih cita-cita bagi para siswa.

Interaksi relawan pengajar dengan warga sekolah dilakukan untuk membuka ruang komunikasi dan kolaborasi antar keduanya melalui pengalaman mengunjungi, dan mengajar, dan berinteraksi selama hari inspirasi termasuk masa persiapannya.

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/iObb20cXUm0635F

Bangun Komiten Bersama Ortu dan Sekolah, SMTI Padang Lakukan Serahterima Siswa

Bangun Komiten Bersama Ortu dan Sekolah, SMTI Padang Lakukan Serahterima Siswa

Bangun Komiten Bersama Ortu dan Sekolah, SMTI Padang Lakukan Serahterima Siswa

Bangun Komiten Bersama Ortu dan Sekolah, SMTI Padang Lakukan Serahterima Siswa
Bangun Komiten Bersama Ortu dan Sekolah, SMTI Padang Lakukan Serahterima Siswa

Guna membanguan komitmen bersama dalam rangka mendidik anak dengan baik di sekolah

, SMK SMTI Padang melakukan acara serahterim siswa secara resmi dari orang tua (ortu) kepada sekolah, Senin (29/8/2016). Acara dihadiri para orang tua/wali murid kelas X (siswa baru) di halaman parkir sekolah yang langsung dilakukan dihadapan majelis guru yang dipimpin kepala sekolah dan komite sekolah.

Kepala SMK SMTI Padang Candrianto, ST, MPd menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah lama dilakukan sekolah. Gunanya, untuk memberikan saling kepercayaan antara orang tua murid kepada sekolah dan sebaliknya, sehingga akan terjadi rasa tanggungjawab yang sama dalam menjadikan siswa sebagai calon lulusan yang benar bisa terjun ke dunia industri.

Dalam acara ini, juga disampaikan bagaimana komitmen sekolah dala mendidik siswa menjada

lulusan yang siap ke dunia industri dan sekaligus disampaikan soal disiplin dan tata tertib sekolah yang diranjang demi membentuk karakter siswa. “Sebagai sekolah unggulan di bidang teknologi industri dan berada di bawah naungan Kementrin Perindustrian RI, ada banyak aturan dan disiplin yang diterapkan di sekolah. Sehingga orang tua bisa maklum dan mengetahui secara jelas bagaimana anaknya di sekolah,” sebut Candrianto.

Candrianto menyebutkan, disiplin sekolah yang tinggi, adalah sebagai bentuk keunggulan SMTI dengan SMK yang ada, apalagi siswa disiapkan langsung terjun ke dunia industri ketika ia sudah selesai sekolah di SMTI Padang.

“Kami memang berharap orang tua mendukung penuh apa-apa yang ditetapkan sekolah, demi anaknya di kemudian hari,” katanya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian antara orang tua siswa

dan kepala sekolah dalam surat perjanjian resmi di atas kertas dengan bematerai cukup.

“Disamping menyatukan komitmen, juga perjanjian ini dimaksud untuk menjaga kejadian yang tidak diinginkan antara sekolah dan orang tua murid, seperti kejadian di beberapa sekolah belakangan yang membuah hubungan orang tua siswa dan sekolah menjadi tidak baik. Semoga ini bisa dijadikan pedoman bersama dalam membentuk karakter anak,” tambah Wakil Kepsek Bidang Kesiswaan, Drs Hamzah, MPd

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/gtBXx3Au7bl4d334R5rfd9