PANGAN FUNGSIONAL : KOLIN

PANGAN FUNGSIONAL : KOLIN

  • Kolin merupakan bahan kimia organik yang penting untuk makanan, bahan kimia ini digunakan sebagai Vitamin B.
  • Asupan kolin bagi tubuh dapat diperoleh melalui dua sumber utama, yaitu dari sintesis di dalam tubuh secara alami dan dari pangan yang dimakan.
  • Konsumsi kolin yang ideal telah dirumuskan oleh Food and Nutrition Board (FNB) pada tahun 1998 sebagai kebutuhan kolin harian/DRI (Dietary Reference Intake). Hal ini dilakukan karena sangat sulit untuk menentukan RDA (Recommended Dietary Allowance) untuk kolin

PANGAN FUNGSIONAL : LESITIN

Lesitin biasanya digunakan sebagai nama lain untuk fosfatidilkolin, suatu fosfolipid yang merupakan komponen utama fraksi fosfatida yang dapat diisolasi dari kuning telur (dalam bahasa Yunani lekithos – λεκιθος) atau kacang kedelai yang diekstraksi baik secara mekanik maupun kimiawi menggunakan heksana. Lesitin secara komersil bisa diperoleh dengan kamurnian tinggi untuk aditif pangan dan tujuan medis.

PANGAN FUNGSIONAL : INOSITOL

  • Inositol adalah sejenis campuran kimiawi (carbocyclic polyol)yang dapat ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, buncis, dan buah khususnya blewah dan jeruk.
  • Kegunaan utama inositoladalah untuk transduksi sinyal insulin, penggabungan cytoskeleton, pengendalian syaraf, pengendalian konsentrasi kalsium dalam sel, pemeliharaan membran sel, modulasi aktivitas serotonin, penghancur lemak, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, penanda plasma sifat keturunan, pencegah bulimia, kepanikan dan depresi serta perawatan kanker jika digabung dengan asam phytic.
  • Karena manfaat penghancur lemak dan penurun kolesterol darah tersebut, inositol menjadi bagian penting dalam diet.
  • Inositol buatan biasa dikenal sebagai alkohol gula yang ditambahkan dalam makanan (misalnya permen) dan minuman penambah tenaga karena kalorinya lebih rendah daripada gula dan tidak dimetabolisme dalam mulut sehingga tidak menyebabkan kerusakan gigi. Inositol juga merupakan bagian dari Vitamin B kompleks namun tidak dapat disebut sebagai vitamin.

PANGAN FUNGSIONAL : KARNITINE

  • Karnitin, dikenal juga sebagai L-karnitin atau levocarnitin, adalah senyawa ammonium kation yang disintesis dari asam amino lisin dan metionin. Senyawa ini membantu konsumsi dan pemakaian lemak dalam tubuh karena ia bertanggung jawab dalam transportasi asam lemak dari sitosol menuju mitokondria. Senyawa ini biasa dijual sebagai suplemen makanan.