Pemkot Ajak Komunitas dan Warga Bersihkan Sampah

Pemkot Ajak Komunitas dan Warga Bersihkan Sampah

Pemkot Ajak Komunitas dan Warga Bersihkan Sampah

 

Pemkot Ajak Komunitas dan Warga Bersihkan Sampah

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor siap mendukung dua kegiatan yang akan digelar dalam rangka Hari Pembersihan Dunia atau World Cleanup Day (WCD). Dua kegiatan ini akan dilaksanakan ditempat yang berbeda namun waktunya masing-masing akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Casmita di ruang kerjanya, Jumat (14/09/2018).

Casmita menjelaskan

Kegiatan pertama terkait eco village yang dipusatkan di Kecamatan Bogor Timur. Mereka akan melakukan aksi pemungutan sampah di DAS Ciliwung. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor mensuport dengan memberikan bantuan berupa armada berikut petugas untuk masalah pengangkutan sampah.

“Artinya pemungutan sampah dilakukan oleh komunitas bersama masyarakat dan DLH membantu mengangkut sampah-sampah tersebut. Kami juga memberikan bantuan kantong plastik sesuai yang mereka butuhkan,” imbuhnya.

Gerakan Eco Village di Kota Bogor

Gerakan Eco Village di Kota Bogor ini menyasar sedikitnya lima kelurahan di Kecamatan Bogor Timur. Kelurahan-kelurahan tersebut merupakan kelurahan yang dilewati sepanjang sungai Ciliwung, yakni berdasarkan perhitungan indeks pencemaran kualitas sungai di Kota Bogor menunjukkan kondisi yang tercemar akibat sampah dan air limbah.

Casmita menambahkan

Kegiatan berikutnya terkait dengan kegiatan World Cleanup Day WCD Jawa Barat yang akan dilaksanakan tanggal 15 September 2018. Relawan WCD Bogor Raya mengundang beberapa komunitas untuk bergabung dan menjadi pioner sosialisasi dan pelaksanaan acara untuk wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

“Jadi mereka menggelar kegiatan atau aksi pungut sampah dan sosialisasi di beberapa titik yang telah ditentukan. Antara lain di Tugu Kujang atau Lawang Salapan, Air Mancur, dan Gg. Aut. Kurang lebih 100 relawan akan terlibat dalam kegiatan ini dan mereka tersebar di titik-titik tersebut,” katanya.

Dinas Lingkungan Hidup

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga(Kemenpora) Republik indonesia.

 

Artikel terkait: