Penerapan Telematika di Indonesia

Penerapan Telematika di Indonesia

Penerapan Telematika di Indonesia

Penerapan Telematika di Indonesia
Penerapan Telematika di Indonesia

Telematika diindonesia sudah sangatlah berkembang pesat baik

dalam segala aspek begitu juga dalam penerapan telematikanya pada saat ini. Berikut beberapa macam-macam contoh penerapan telematika dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

ICT (Information and Communications Technology) merupakan ilmu yang berkaitan tentang pengiriman, penerimaan dan penyimpanan sebuah informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

 

Sistem Navigasi/Penempatan Global atau biasa disebut dengan GPS

(Global Positioning System) merupakan telematika yang dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas.

E-goverment diperuntukan untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Pada negara indonesia sudah terbentuk suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI sendiri mempunyai tugas yaitu untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi serta inisiatif untuk meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan pada teknologi telematika di Indonesia, dan memfasilitasi dan juga dalam memantau pelaksanaannya contohnya seperti: depok.go.id

 

E-commerce biasanya dalam pemanfaatan telematika

pada bidang perdagangan yaitu seperti jualan online semua dalam proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Dimulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan ataupun kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapai dengan membuat claim. Luasnya wilayah e-commerce bahkan dapat meliputi perdagangan internasional  dalam menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware), perbankan, perpajakan, dll. E-commerce memiliki istilah lain yaitu e-bussines. Contoh seperti toko online yaitu: bhinneka.com

 

E-Learning yaitu

pemanfaat dalam bidang pendidikan dengan cara mengajar menggunakan media elektronik khusus yaitu dengan menggunakan internet sebagai sistem pembelajarannya contoh seperti : cai.elearning.gunadarma.ac.id

Bidang Komunikasi merupakan telamatika yang dipakai untuk mempermudahkan dalam berkomunikasi antar sesama, contohnya seperti :

  1. Pager yaitu alat telekomunikasi pribadi yang digunakan untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek.
  2. Handphone yaitu alat telematika yang digunakan untuk sarana berkomunikasi dengan cara menggunakan media elektromagnetik untuk mengirim dan menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak lainnya.
  3. Bidang Keamanan yaitu menyediakan suatu fasilitas dalam memantau atupun memberikan informasi bila tidak berjalan dengan seharusnya, sehingga dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

Sumber : https://jeffmatsuda.com/arti-sinonim-antonim-dan-homonim/