Pengertian dan Definisi Operasional Menurut Beberapa Ahli

Pengertian dan Definisi Operasional Menurut Beberapa Ahli

Pengertian operasional merupakan makna yang didasarkan atas sifat-sifat faktor yang diamati. Pengertian operasional meliputi hal-hal mutlak di dalam riset yang butuh penjelasan. Pengertian operasional berwujud karakteristik, rinci, tegas dan positif yang melukiskan spesifik variabel-variabel penelitian dan hal-hal yang dianggap penting. Pengertian operasional tidak serupa bersama dengan tinjauan teoritis. Pengertian operasional cuma berlaku pada tempat penelitian yang tengah dilakukan, sedang definisi teoritis disita berasal dari buku-buku referensi dan berlaku umum.

Pengertian Operasional Menurut Para Ahli
Budi Pranata: Pengertian operasional merupakan kapasitasi atau jumlah yang tidak sesuai.
Husein Umar: Pengertian operasional merupakan pemilihan suatu konstruct agar jadi variable maupun variabel-variabel yang bisa diukur.
Nursalam: Pengertian operasional merupakan makna berdasarkan karakteristik yang dicermati berasal dari suatu yang didefinisikan tersebut.
Widjono Hs: Pengertian operasional merupakan batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan suatu kesibukan ataupun pekerjaan.
Asep Hermawan: Pengertian operasional merupakan penjelasan bagaimana kita bisa mengukur variable. Pengukuran selanjutnya bisa dilakukan bersama dengan angka-angka maupun karakter tertentu.
Hoover: Pengertian operasional merupakan berisi identifikasi sesuatu perihal yang berwujud (variabel) agar bisa digunakan untuk penelitian (observasi)
Rhonda Abrams dan Alice Laplante: Pengertian operasional merupakan bagian yang mutlak sebab tanpanya, maka tidak tersedia yang bisa dikerjakan.
Nani Darmayanti: Pengertian operasional merupakan rumusan berkenaan area lingkup serta beberapa ciri suatu rancangan yang jadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

Sumber : https://www.lele.co.id/panduan-lengkap-7-cara-menanam-hidroponik-sederhana-di-pekarangan/