Pengertian Ikan Air Tawar

Pengertian Ikan Air Tawar

Pengertian Ikan Air Tawar

Ikan air tawar merupakan

ikan yang dalam hal ini menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, misalnya sungai dan danau, yang dengan salinitas kurang dari 0,05%. Dalam banyak hal, lingkungan air tawar berbeda dengan lingkungan perairan laut dan yang paling membedakan ialah dari tingkat salinitasnya. Untuk dapat bertahan di air tawar, ikan membutuhkan adaptasi fisiologis yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan konsentrasi ion dalam tubuh. 41% dari seluruh spesies ikan diketahui berada di air tawar, hal ini karena spesiasi yang cepat yang menjadikan habitat yang terpencar menjadi mungkin untuk ditinggali.

Untuk ikan air tawar berbada secara fisiologis dengan ikan laut dalam beberapa aspek. Yang pada insang mereka harus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran yang penting.

Ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit dan dapat menyebabkan kematian pada ikan. Untuk karakteristik yang lainnya terkait dengan ikan air tawar ialah ginjalnya yang berkembang dengan baik. Ginjal ikan air tawar berukuran besar karena banyak air yang melewatinya.

Banyak spesies bereproduksi di air tawar namun menghabiskan sebagian besar kehidupannya dilaut. Mereka dikenal dengan nama ikan anadromous, yang meliputi salmon, trout dan stickleback. Beberapa ikan, secara berlawanan, lahir di laut dan hidup di air tawar, seperti belut.

Spesies yang bermigrasi antara air laut dan air tawar membutuhkan adaptasi pada kedua lingkungan. Yang ketika berada di dalam air laut, mereka harus menjaga konsentrasi garam dalam tubuh mereka lebih rendah dari pada lingkungannya. Yang ketika berada di air tawar, mereka harus menjaga kadar garam berada di atas kosentrasi lingkungan sekitarnya.

Banyak spesies yang menyelesaikan masalah ini dengan berasosiasi dengan habitat berbeda pada berbagai tahapan hidup. Belut, bangsa salmon dan lamprey memiliki toleransi salinitas di berbagai tahap kehidupan mereka.


Baca Juga :