Pengertian Kalsium Oksida Beserta Sejarahnya

kalsium oksida

Pengertian Kalsium oksida

Kalsium oksida (CaO), umum bukan batu kapur mentah atau kapur, adalah senyawa kimia yang banyak digunakan. Kalsium oksida adalah kristal basa, kaustik padat, putih pada suhu kamar. Istilah yang digunakan adalah “kapur” yang mengandung arti materi anorganik yang mengandung kalsium, karbon, kalsium oksida, hidroksida, silikon, magnesium, aluminium dan besi, seperti batu gamping. Sebaliknya, “kapurmentah” adalah aplikasi utama untuk bahan kimia individu.

Nama IUPAC adalah kalsium kalsium, nama lain, kapur mentah, kapur, kapur. Sifat-sifatnya adalah:

Rumus molekul: CaO
Berat molekul: 56,0774 gr / mol
Penampilan: putih sampai kuning pucat / bubuk coklat
Bau: bau pesanan
Kepadatan: 3,34 gr / cm3
Titik lebur: 2613 ° C, 2886 K, 4735 ° F
Titik didih: 2850 ° C, 3123 K (100 hPa)
Kelarutan dalam air: 1,19 g / L (25 ° C); 0,57 g / L (100 ° C); reaksi eksotermis
Kelarutan dalam asam: larut (juga dalam gliserol, larutan gula)
Kelarutan dalam metanol: Tidak larut (juga dalam dietil eter, n-oktanol)
Keasaman (pKa): 12,8
Standar molar entropi So298: 40 J · mol – 1 · K – 1
Enthalpy dalam formasi standar ΔfHo298: -635 kJ · mol – 1
Arahkan ke mudah terbakar: tidak terbakar

 
Pembuatan

Kalsium oksida adalah produk yang disediakan oleh dekomposisi termal dari material seperti batu kapur atau kerang (atau lainnya kerang) kerang mengandung kalsium karbonat (CaCO3, mineral kalsit) sebagai kiln kapur. Penelitian ini dilakukan untuk memanaskan lebih dari 825 ° C, suatu proses yang disebut kalsinasi atau kapur, untuk membebaskan molekul-molekul dalam karbon dioksida (CO2); daun kapurmentah. Kapur ini tidak stabil dan, sekali didinginkan, akan bereaksi secara spontan dengan CO2 dari udara, setelah waktu yang cukup, akan sepenuhnya diubah menjadi kalsium kecuali jika puas dengan air yang akan datang.

Sekitar 283 juta atoll adalah kampanye kapur mentah tahunan di dunia. Cina sejauh ini adalah produsen terbesar di dunia, itu adalah total € 170 juta setahun. Amerika Serikat adalah yang terbesar berikutnya, dengan sekitar 20 juta per tahun per tahun.


Penggunaan

panas
Crace menghasilkan energi panas dengan pelatihan hidrat, dengan persamaan berikut:
CaO (s) + H2O (l) = Ca (OH) 2 (aq) (ΔHr = -63.7 kJ / mol CaO)

reaksi eksotermis dan solid terhadap gelombang. Dalam proses mengeluarkan air dengan memanaskannya untuk membalikkan reaksi dalam hidrasi. Satu liter air bergabung sekitar 3,1 kilogram kapur per tantangan hidroksida di lapangan ditambah 3,54 MJ pada energi. Proses ini dapat dilakukan selama jangka waktu tertentu

Sumber : https://rumus.co.id/