Pengertian Karakteristik dan gambar Mamalia

Pengertian Mamalia

Mamalia adalah jenis vertebrata yang ditandai terutama dengan adanya kelenjar susu atau susu. Mamalia adalah kelas tertinggi di Kerajaan Kerajaan Kerajaan Kerajaan dengan volume otak besar yang relatif dapat mengatasi berbagai masalah alam, dan karenanya dapat ditemukan hampir di mana saja di permukaan bumi. Mamalia diduga ada di Bumi pada Periode Jurassic, sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Mamalia dapat hidup di berbagai jenis habitat di belahan bumi, dari kutub ke ekuator, hutan, dan gurun. Ada sekitar 5.488 spesies mamalia, 32% di antaranya adalah endemik Indonesia. Perburuan telah menjadi musuh utama populasi mamalia karena perubahan kepadatan, distribusi, dan demografinya. Tingkat penurunan semakin cepat karena perluasan populasi dan lahan industri.

Karakteristik-Karakteristik Mamaria

  • Perangkat mamalia adalah sepasang tungkai atas (tangan) dan sepasang tungkai bawah (kaki).
    Sistem reproduksi mamalia secara internal menyuburkan hewan / kerajaan hewan dan oosit
    Sistem pernapasan menggunakan paru-paru (paru-paru) yang terdiri dari mulut / hidung-trakea-bronchi-bronchiole-paru.
    Sistem eliminasi mamalia adalah ginjal, kulit, hati, anus dan testis.
    Sistem pencernaan makanan mamalia yang membentang dari mulut, ke kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dan anus.
    Sistem peredaran darah, jantung dibagi menjadi empat ventrikel, dua atrium, dan dua ventrikel, dengan hanya lengkungan aorta kanan.
    Umumnya hidup di darat, tetapi beberapa orang hidup di air
    Mamalia memiliki rambut di tubuhnya
    Ada kelenjar susu
    Homo oteun atau darah hangat di sekitar tubuh 36oC
    Ia memiliki kerangka kerja yang membentuk tubuh yang bertindak sebagai organ pelindung bagi tubuhnya.

C. Jenis dan struktur tubuh mamalia

Secara umum, bentuk dan struktur tubuh mamalia dapat digambarkan sebagai berikut.
1. Kepala
Kepala mamalia

Bagian dari leher Mamaria

Bentuk kepala relatif beragam dan wajah memiliki mulut, hidung, mata dan telinga, yang kesemuanya terlihat jelas. Hal-hal yang tidak terlihat seperti otak atau saraf-saraf penting juga tergantung pada ukuran dan kemampuan mamalia ini.

2. Leher
Leher mamalia memiliki bentuk dan variasi sendiri, tergantung pada jenis dan fungsinya. Di dalam leher adalah organ pencernaan di mana makanan memasuki perut dan selanjutnya dicerna.

3. Agensi
Ada sepasang anggota badan yang dimodifikasi tergantung pada fungsinya. Secara umum, setiap anggota tubuh memiliki jari, kecuali mamalia air. Pada kelompok tertentu, seperti gajah dan kuda, jari yang dimodifikasi tidak meregang. Selain ekstremitas, tubuh mamalia juga memiliki kelenjar susu sebagai fitur mamalia. Organ-organ dalam tubuh atau organ mamalia dilindungi oleh kerangka, yang ditutupi dengan otot kulit dan rambut.

4. Buntut
Ekor mamalia, tipe yang berbeda, fitur yang berbeda, beberapa menggunakannya sebagai alat gantung. Ekor mamalia bervariasi, ada yang pendek dan panjang, dengan atau tanpa tulang.

D. Klasifikasi Mamaria

Menurut Wilson dan Reeder, klasifikasi mamalia dalam dunia bukunya adalah 5416 spesies, 1.229 genera dan 29 ordo. Dimana keseluruhannya dibagi menjadi kelompok-kelompok.
Mamalia dibagi menjadi dua kelompok besar.

Protoceria (Monotremata) (1 urutan)

Mamalia dari Grup Proteria (monotremata) tidak memiliki gigi dan telinga. Ini berkembang biak dengan pemijahan, aksi hitam dan pemukulan. Orang yang makan invertebrata yang hidup di air. Biasanya, kelompok mamalia ini dapat ditemukan di Australia, Tasmania, New Guinea. Kelompok prototipe hanya dalam satu urutan monoton dalam dua spesies, platypus (ornithrorynchus anatius) dan aktona (tachyglosus aculeatus).

Sebuah. Terrier meta

Metatheria termasuk dalam kelompok marsupial. Metatheria mengangkat anak itu ke dalam tas di perut orang tua wanita. Telur memiliki persediaan makanan, dan anak-anak mereka dilahirkan pada tahap awal perkembangan. Ada sedikit yang dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Utara yang umumnya ditemukan di Australia dan Selandia Baru. Contoh kelompok ini adalah spesies Macrops, koala dan opossum.

Sumber : https://materibelajar.co.id/