Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli

Menurut UU No. 24 tahun 2004

Perjanjian Internasional adalah perjanjian dalam bentuk dan nama tertentu yang diatur dalam hukum internasional yang dibuat secara tertulis dan menimbulkan hak dan kewajiban hukum
Academy Sains Uni Soviet
Perjanjian internasional adalah kesepakatan yang secara formal dinyatakan antara dua atau lebih negara mengenai stabilisasi, perubahan atau pembatasan hak dan kewajiban mereka secara timbal balik.
Konferensi Wina 1969
Perjanjian internasional adalah kesepakatan yang diadakan oleh dua atau lebih negara, yang bertujuan untuk mempengaruhi konsekuensi hukum tertentu. Artinya, perjanjian internasional mengatur perjanjian internasional semata-mata sebagai subyek hukum internasional. Dilihat dari segi norma yang berlaku, seharusnya setiap negara yang telah menandatangani kesepakatan harus bertanggung jawab atas hasil kesepakatan tersebut dan tidak melanggar ketentuan tersebut.
Mochtar Kusumaatmadja, SH. LL.M.
Perjanjian internasional adalah kesepakatan yang diadakan antar negara yang bertujuan menciptakan konsekuensi dari undang-undang tertentu.
G. Schwarzenberger
Perjanjian internasional adalah kesepakatan antara subyek hukum internasional yang menimbulkan kewajiban mengikat menurut hukum internasional. Perjanjian internasional mungkin bersifat bilateral atau multilateral. Subjek hukum internasional dalam hal ini selain institusi internasional juga negara.
Oppenheimer-Leuterpacht

Perjanjian internasional adalah perjanjian antar pemerintah yang menciptakan hak dan kewajiban antara pihak-pihak yang membuatnya.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/