Penyebab Konflik

Penyebab Konflik

Penyebab Konflik

  • Kepentingan sama

yaitu bila terdapat dua kelompok atau lebih yangmempunyai kepentingan sama terhadap sesuatu, maka timbul persaingan untuk mendapatkannya.


  • Streotype, prasangka dan diskriminiasi

Stereotype adalah keyakinan tentang sifat-sifa pribadi yang dimiliki orang dalam kelompok. Prasangka adalah sikap negatif terhadap kelompok tertentu atau seseorang karena keanggotaannya dalam kelompok tertentu. Diskriminasi adalah perilakuan berbeda dari pihak lain berdasarkan oleh  keanggotaannya kelompoknya.


  • Sumber daya

Sumber daya sangat dibutuhkan bagi manusia dalam kelangsungan hidupnya. Sumber daya alam menjadi suatu daya tarik yang luar biasa bagi kelompok-kelompok yang ingin mengambil keuntungan dari sumber daya tersebut. Bila sumber daya alam yang dituju bersifat terbatas akan menyebabkan konflik.


  • Identitas sosial atau katagori berbeda

Setiap kelompok yang homogen pasti memiliki suatu ciri khas atau identitas yang sama antar anggota kelompoknya. Ciri khas inilah yang membedakan kelompok mereka dengan kelompok lain. Perbedaan identitas dapat memicu timbulnya konflik antar kelompok, bila tidak ditangani secara cepat dan tepat.


  • Ketidakadilan

Ketidakadilan sering kali menimbulkan konflik. Orang atau kelompok lebih cenderung menilai sesuatu itu adil ketika hasil yang diperoleh lebih menguntungkan bagi kelompoknya sendiri.


  • Perilaku agresif

Perilaku agresif yang dilakukan suatu kelompok terhadap kelompok lain dapat menimbulkan konflik antar kelompok.


Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/17/racing-xtreme-apk/