PERAN SISTEM PENCERNAAN DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN OTAK ANAK

PERAN SISTEM PENCERNAAN DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN OTAK ANAK

Berdasarkan keterangan dari Dokter David Perlmutter, seorang neurologist dan penulis kitab Grain Brain dan Brain Maker: The Power to Heal and Protect Your Brain — for Life, menyerahkan tips nutrisi yang dapat menyokong perkembangan otak melewati saluran cerna:

1. Makanan Tinggi Serat
Terakhir, makanan sesuai untuk sistem pencernaan yang lancar ialah makanan dengan tinggi serat.Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Serat menolong si Kecil tetap kenyang dan menciptakan saluran pencernaan tidak jarang kali sehat. Tidak melulu sebagai sumber nutrisi, makanan tinggi serat pun membantu meminimalisir risiko penyakit jantung, kanker, dan obesitas.

Anak yang sehat pasti mempunyai pencernaan yang sehat pula yang dapat menyokong perkembangan benak secara optimal. Komunikasi yang baik antara perut dan benak dapat menyokong anak hebat mempunyai tanggap yang lengkap. Kemampuan guna dapat cepat tanggap, rasa peduli dan tanggap bersosialisasi bisa didukung oleh adanya hormon serotonin. Hormon serotonin adalahneurotransmitter utama yang diproduksi drainase cerna sampai-sampai akan menciptakan otak mendapat tanda untuk menata ingatan, selera makan, tidur, dan keadaan hati yang menciptakan Si Kecil merasa nyaman dan senang dalam proses belajarnya sehari-hari.

2.Memperbanyak Konsumsi Lemak Baik
Bukan sembarang lemak, namun yang urgen dibutuhkan ialah Omega-3 dan Omega-6. Merupakan “asam lemak esensial”, yang dengan kata lain penting dan dibutuhkan untuk benak dan tubuh supaya dapat bermanfaat dengan baik. Omega 3 dan 6 ini pun sangat penting diperlukan untuk perkembangan benak anak dan membran sel. Sumbernya tidak sedikit ditemukan di dalam Ikan dan makanan laut. Hampir seluruh jenis ikan berisi Omega-3 dan 6 yang lumayan tinggi. Tentunya pengolahan ikan sebelum dikonsumsi Si Kecil pun harus baik dan benar, yakni harus bersih dan dimasak hingga matang. Usahakan guna memilih ikan atau hasil laut segar yang bakal lebih baik dengan nutrisi yang lebih terjaga dikomparasikan produk olahan atau kaleng.

3. Kurangi Konsumsi Gula
Diet tinggi gula dan rendah serat dapat merangsang perkembangan bakteri yang tidak diharapkan dan meminimalisir kesehatan pencernaan sebab permeabilitasnya yang terganggu dan pun mengganggu sistem kekebalan tubuh terganggu sehingga mempermudah pemicu inflamasi atau peradangan.

Perhatikan pun jenis kudapan produksi pabrikan khususnya yang berisi pemanis buatan, tidak boleh sampai dikonsumsi berlebihan oleh Si Kecil. Pilihlah sumber karbohidrat yang baik laksana buah dan sayur, yang di samping kaya bakal serat, pun mempunyai kandungan gula alami yang tidak merugikan kesehatan.

Sumber : http://4allforum.com/away.php?to=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id/