SDN Layungsari 1 Rapuh, KBM Siswa Terganggu

SDN Layungsari 1 Rapuh, KBM Siswa Terganggu

SDN Layungsari 1 Rapuh, KBM Siswa Terganggu

SDN Layungsari 1 Rapuh, KBM Siswa Terganggu
SDN Layungsari 1 Rapuh, KBM Siswa Terganggu

SDN Layungsari 1, Kecamatan Bogor Selatan, masih dihantui rasa takut. Penyebabnya,

bukan cuma lokasinya yang berisiko terkena bencana longsor, kondisi bangunan juga mengkhawatirkan karena nyaris roboh.

Kepala SDN Layungsari 1, Kusnadi, mengakui kalau peserta didiknya kerap merasa cemas dengan kondisi bangunan. Kondisi ini membuat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kerap tak nyaman. “Mereka memang gelisah. Pertama, tebingan dekat sekolah itu sudah dua kali longsor. Kedua, bangunan sekolah juga sudah rapuh,” terangnya.

Ia menjelaskan, kondisi bangunan yang rapuh di antaranya ruang belajar kelas 1, 2, 3 dan ruang guru.

“Ruangan itu langitnya sudah ambrol, sehingga kalau turun hujan air masuk menggenangi ruang belajar siswa,” katanya. Sejak dibangun, Kusnadi menuturkan, bangunan SDN Layungsari 1 ini belum pernah direnovasi. Tak heran bila saat ini kondisinya mulai rapuh.

“Kami sudah beberapakali mengusulkan perbaikan ke Dinas Pendidikan Kota Bogor

bahkan hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, tapi belum terealisasi juga,” katanya. Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, pihak sekolah berinisiatif membuat kuda-kuda bangunan gedung dengan kayu pancang dari bawah. “Itu sifatnya sementara. Kalau didiamkan lama khawatir ambruk, terutama saat turun hujan,” keluhnya. Sementara itu, Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin, membenarkan rapuhnya kondisi bangunan SDN Layungsari 1. Ia memastikan jika bangunan itu telah diusulkan untuk segera dibangun. “Kita sudah ajukan renovasi kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perumkim) Kota Bogor, karena itu ada di ranahnya Perumkim. Kita tinggal menunggu realisasinya saja,” katanya

 

Baca Juga :