Sejarah Dan Pengertian Asam Hidroklorida

asam klorida

Asam hidroklorida

adalah solusi yang jelas dan tidak berwarna dalam asam hidroklorat (HCl) dalam air. Asam ini sangat korosif, itu adalah asam mineral yang kuat yang memiliki banyak kegunaan dalam industri. Asam hidroklorat terjadi secara alami sebagai asam lambung.
Secara historis disebut asam dikenal dinding dan semangat dijual, asam klorida diproduksi dalam vitriol (asam sulfat) dan dari garam. Asam ini muncul untuk pertama kalinya selama Renaissance dan kemudian digunakan oleh ahli kimia seperti Glauber, Priestley dan Davy dalam penelitian ilmiah mereka.

Cara menggunakan produksi dalam revolusi industri, asam klorida digunakan dalam industri kimia sebagai pereaksi kimia dalam produksi vinil klorida dalam skala untuk plastik PVC dan MDI / TDI untuk poliuretan. Pencarian Asam untuk unit pengukuran skala kecil, termasuk pembersihan rumah, produksi gelatin dan bahan tambahan makanan lainnya, de-scaling dan pengolahan kulit. Sekitar 20 juta dalam air diproduksi setiap tahun pada asam klorida.
Senyawa yang terkait dengan asam klorida adalah asam hidrobromida dan asam hidro-iodida.

Sejarah

Acqua regia, campuran integral asam hidroklorida dan asam nitrat, melarutkan sal amonia dalam asam nitrat, muncul sebagai karya di Pseudo-Geber, alkemis Eropa abad ke-13. Referensi terbaru lainnya yang pertama kali dibahas dalam kalender manuskrip Bizantium hingga akhir abad ke-13.

Rumus asam hidroklorida selengkapnya di https://rumusrumus.com/


Asam klorida bebas secara resmi dilaporkan oleh Libavio pada abad keenam belas, asam klorida yang diproduksi dengan memanaskan garam di cawan lebur tanah liat. penulis lain yakin bahwa asam klorida ditemukan untuk pertama kalinya di Benedictine Basil Valentine di Jerman pada abad kelima belas, dengan memanaskan pasar biasa dan vitriol, [15] referensi yang jelas untuk asam klorida murni sampai akhir dari abad keenam belas.
Pada abad ke-17, Johann Rudolf Glauber di Karlstadt am Main, Jerman, menjual natrium klorida dan asam sulfat untuk produksi natrium sulfat dalam proses Mannheim, yang melepaskan gas klorida pada hidrogen. Joseph Priestley di Leeds, Inggris, memproduksi asam hidroklorat murni pada 1772, belut 1818 Humphry Davy di Penzance, Inggris, menunjukkan bahwa komposisi kimianya termasuk hidrogen dan klorin.
Selama revolusi industri di Eropa, permintaan akan zat-zat dasar telah meningkat. Proses industri baru di Nicolas Leblanc (Issoundun, Prancis) yang memproduksi karbonat sodium karbonat berskala besar (sodium carbonate).

Dalam proses Leblanc ini, yang normal diubah menjadi soda, asam sulfat, batu gamping dan batu bara, yang melepaskan asam klorida sebagai produk sampingan. Sampai 1863, alkali Inggris, yang juga aktif di negara lain, di HCl, dibuang ke udara. Setelah hukum, produsen natrium karbonat diperlukan untuk menyerap ke dalam debit air, yang menghasilkan asam klorida pada skala industri.