Sejarah Microsoft Word dari Awal Terbentuk Hingga Sekarang

Sejarah Microsoft Word

Sejarah Microsoft Word

Siapa yang tidak kenal Microsoft Word. Hampir semua orang di dunia yang mengenal komputer atau setidaknya pergi ke sekolah telah menggunakan Microsoft Word sebagai alat untuk melakukan tugas, menulis berita atau artikel dan berbagai kegunaan lainnya.

Tetapi semua orang yang menggunakan Microsoft Word tahu kapan Microsoft Word dibuat dan siapa yang menciptakannya? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan ini.

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Word pertama kali diperkenalkan ke dunia pada 25 Oktober 1983. Saat itu, namanya bukan Microsoft Word tetapi Word Multi-Tool.

Pada awal peluncurannya, Word Multi-Tool hanya dapat digunakan untuk sistem Xenix, karena pada saat itu belum ada Microsoft Windows.

Pada tahun-tahun berikutnya, seiring dengan kemajuan teknologi, Word Multi-Tool telah dikembangkan untuk digunakan oleh sejumlah platform lain seperti IBM, Apple Macintosh, AT&T Unix, Atari ST, OS / 2, SCO Unix dan MacOS. Perangkat lunak ini hanya dapat digunakan untuk Microsoft Windows pada tahun 1989.

Awal Pembuatan

Pada 1981, Microsoft merekrut Charles Simonyi, pengembang program Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama di dunia. Simonyi mulai mengerjakan pengolah kata bernama Word Multi-Tool, dibantu oleh Richard Brodie, mantan karyawan Xerox. Brodie menjadi pengembang utama alat Multi-Word di tahun-tahun mendatang.

Microsoft meluncurkan Word Multi-Tool untuk perangkat Xenix dan MS-DOS pada tahun 1983. Nama ini kemudian disederhanakan dalam Microsoft Word. Tidak seperti kebanyakan program MS-DOS pada saat itu,

Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse. Kapasitas Word pada waktu itu terbatas pada kemampuan untuk menampilkan atau menyoroti kemampuan untuk menonaktifkan, tebal, miring dan bergaris bawah.

Word dengan cepat mengatasi program pengolah kata lainnya, WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda. Tahun demi tahun, Microsoft terus meningkatkan Word dengan meluncurkan versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam enam tahun.

Pada tahun 1985, Microsoft merilis Word yang dapat digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak dirilis untuk perangkat Mac OS, penjualan untuk Mac OS telah lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS selama sekitar empat tahun.

Dinobatkan sebagai yang terbaik

Versi kedua untuk Mac OS jatuh pada tahun 1987 dengan nama Word 3.0. Versi ini dibuat untuk sinkronisasi antara pengguna Mac OS dan DOS. Ini adalah pertama kalinya pengguna Mac OS dengan DOS dapat mengubah file Word. Word 3.0 hadir dengan banyak peningkatan dan fitur baru, termasuk implementasi Rich Text Format (RTF) untuk pertama kalinya.

Namun, sayangnya, implementasi RTF ini telah disertai dengan serangkaian kesalahan kesalahan. Namun beberapa bulan kemudian, Microsoft merilis versi 3.01 yang menyelesaikan masalah. Versi 3.01 dikirim gratis ke pengguna Word 3.0 yang terdaftar.

Pada pertengahan 90-an, aplikasi Word pada perangkat Mac OS tidak memiliki persaingan yang signifikan. MS Word 5.1 yang dirilis pada tahun 1992 sangat populer di kalangan pengguna komputer karena tampilannya yang ramping,

kemudahan penggunaan dan fitur yang sangat berguna. Banyak pengguna bahkan mengatakan bahwa MS Word 5.1 adalah versi terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Sejarah Microsoft Word

Word untuk Windows

Versi pertama Word untuk Microsoft Windows dirilis pada tahun 1989. Sehubungan dengan peluncuran Windows 3.0 tahun berikutnya, penjualan Word telah tumbuh secara dramatis dan Microsoft telah menjadi pemimpin pasar untuk perangkat lunak pengolah kata IBM.

Pada tahun 1991, Word 5.5 dirilis di pasar. Tampilan Word diperbarui menggunakan tampilan yang menyerupai aplikasi Windows lainnya. Pada tahun yang sama, Microsoft telah mengembangkan proyek bernama Pyramid, yang bertujuan untuk merevisi Microsoft Word sepenuhnya. Microsoft telah membuat pengkodean dasar yang sama untuk versi Windows dan Word untuk Mac OS.

Tetapi proyek ini ditinggalkan kemudian, karena proyek ini akan memakan waktu lama jika Word dibuat dari awal dibandingkan dengan pengubahan ukuran Microsoft Word yang ada. Versi Word 6.0 akhirnya dibuat dari kode yang diambil dari Windows kode 2.0. Word 6.0 membawa fungsi koreksi otomatis yang berfungsi untuk memperbaiki pengetikan kata yang salah.

Fitur yang ramah pengguna

Ada banyak fitur yang ditemukan di Microsoft Word. Fitur-fitur ini termasuk:

  1. Peluru dan penomoran
    Fitur ini sangat mudah bagi pengguna Word untuk membuat daftar dalam pelaksanaan dokumen. Fitur ini juga membantu Anda secara otomatis menulis nomor halaman.
  2. Kata sandi
    Ada tiga jenis kata sandi yang dapat diterapkan pada dokumen MS Word:
    – Kata sandi untuk membuka dokumen
    – Kata sandi untuk mengubah dokumen
    – Kata sandi untuk membatasi pengeditan dokumen
  3. WordArt
    Fitur ini membantu pengguna memasukkan kata-kata dengan bentuk yang menarik dan unik. Biasanya, WordArt digunakan untuk presentasi, jadi tidak membosankan untuk melihatnya.

Sumber : https://www.Videomax.co