Sikap

  1. Sikap

Sikap dapat didefinisikan berbagai cara dan defini antara yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Namun dalam arian yang sederhana sikap adalah suatu kesiapan mental, emosional dan saraf yang tersusun melalui pengalaman  dan menberikan pengaruh langsung kepada respon individu  terhadap semua objek atau situasi yang berhubungan dengan objek itu. Dari ppengertian ini menunjukan bahwa sikap tidak dibawakan sejak lahir, melainkan berdasarkan pengalaman individu yang diikuti oleh objek tertentu.

Sikap belajar seseorang dapat diartikan sebagai kecendrungan perilaku seseorang tatkala ia mempelajari hal-hal yang bersifat akademik. Sikap belajar seeseorang terbagi menjadi dua komponen[9], yaitu Teacher Approval dan Education Acceptance. Teacher Approval yang berhubungan dengan pandangan sisiwa terhadap guru-guru. Education Acceptance  yaitu berkaitan dengan penerimaan atau penolakan terhadat tujuan yang akan dicapai.

Sikap belajar ini menentukan intensitas kegiatan belajar. Sikap belajar yang positif akan menimbulkan intensitas kegiatan yang lebih tinggi dibandingan dengan sikap belajar yang negatif.

Peranan sikap tidak hanya ikut menentukan apa yang dilihat seseorang, melainkan bagaimana ia juga melihatnya. Maka bisa dikatakan, bahwa sikap belajar ikut berperan dalam menentukan aktivitas belajar siswa. Sikap belajar yang positif bisa dikatakan juga dengan minat dan motivasi.

Cara mengembangkan sikap positif yaitu:

  • Bangkitkan kebutuhan untuk menghargai keindahan, untuk mendapat penghargaan dan sebagainya.
  • Hubungkan dengan pengalaman yang lampau.
  • Beri kesempatan untuk mendapatkan hasil yang baik.
  • Gunakan berbagai metode mengajar seperti diskusi, kerja kelompok, dan membaca serta demonstrasi.

https://movistarnext.com/pirate-mosaic-puzzle-apk/