Tanggung Jawab Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Tanggung Jawab Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Tanggung Jawab Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Pasal 40 KUH Dagang menjelaskan mengenai pembatasan tanggung jawab dari pemegang saham. Hal ini berarti segala risiko kerugian sepenuhnya dibebankan kepada kumpulan modal yang berasal dari pendiri dan tau orang-orang pemegang saham yang dipisahkan dari harta kekayaannya dan merupakan kekayaan PT bukan kepada harta kekayaan pemegang sahamnya.

Ketentuan Pasal 40 KUH Dagang ini dipertegas kembali dalam Pasal 3 UUPT No. 1 Tahun 1995 dan ketentuan pasal 3 UU PT No. 40 tahun 2007.

Pasal 3 UUPT tahun 1995 berbunyi “pemegang saham tidak bertanggung jawab secara pribadi atas perikatan yang dibuat atas nama PT dan tidak bertangggung jawab atas kerugian PT melebihi nilai saham yang diambilnya”.

Sedangkan Pasal 3 ayat (1) UUPT Nomor 40 Tahun 2007 menjelaskan:

  1. Pemegang saham perseroan, tidak bertanggung jawab secara pribadi (personal liability) atas perikatan yang dibuat atas nama perseroan maupun atas kerugian yang dialami perseroan.
  2. Risiko yang ditanggung pemegan saham, hanya sebesar investasinya atau tidak melebihi saham yang dimilikinya pada perseoan.
  3. Dengan demikian, pada prinsipnya pemegang saham tidak bertanggung jawab secara pribadi atau secara incividual atas untng perseroan.

Dari ketentuan pasal 3 UUHT, sudah jelas bahwa apabila dikemudian hari timbul tanggung jawab hukum yang harus dipenuhi oleh suatu PT, maka pertanggungjawabannya semata-mata dibeankan pada harta yang terkumpul dalam perseroan tersebut. Dengan kata lain, secara hukum PT mempunyai pertanggungjawaban sendiri, walaupun harta kekayaan itu berasal dari para pesero atau pemegan saham, harta itu terpisan sama sekali dengan harta kekayaan masing-masing pesero atau pemegang saham.

sumber :

https://rhydianroberts.com/satria-bima-x-mod-apk/