Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan Gigi Anak

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan Gigi Anak

erikut ini ada sejumlah cara yang bisa Anda ikuti untuk menambah kesadaran pentingnya kesehatan gigi pada anak.

1. Edukasi Secara Perlahan
Anak kecil dengan segala kepolosan dan kenakalan biasanya membuatnya susah diatur. Sebagai orang tua, kita dapat menyatakan pentingnya kesehatan gigi secara perlahan. Penjelasan dapat dibuka dari peran gigi untuk tubuh kita, lantas dilanjutkan dengan jenis-jenis gigi dan fungsinya. Setelah tersebut berilah penjelasan kenapa gigi mesti dibersihkan.Terakhir, berikan keterangan secara lengkap, dampak buruk saat anak tidak mengasuh giginya dengan baik.

2. Jadikan menyikat gigi sebagai budaya
Sebaiknya menyikat gigi dilaksanakan dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur. Tetapi sayangnya masih tidak sedikit orang melupakan menyikat gigi di malam hari. Jika kita peduli pada kesehatan gigi anak, maka urusan itu dapat dibuka dengan membiasakan menyikat gigi bersama.

Ajarkan pula teknik menyikat gigi yang benar supaya sisa makanan yang menempel di gigi bisa dibersihkan. seiring berjalannya masa-masa anak bakal terbiasa dengan pekerjaan menyikat gigi sebelum tidur. Berdasarkan keterangan dari pakar kesehatan gigi, menyikat gigi dua kali sehari dapat meminimalisir resiko terjadinya gigi berlubang sebesar 50%.

3. Minimalisasi pemakaian empeng dan botol susu
Jika kita mempunyai anak di bawah umur tiga tahun serta masih memakai empeng dan botol susu, terdapat baiknya guna meminimalisasi pemakaiannya. Hal ini dilaksanakan untuk menangkal sisa-sisa susu yang terbelakang pada empeng atau botol, menempel di gigi dan gusinya.

4. Ajak anak cek ke dokter gigi
Idealnya, trafik ke dokter gigi dilaksanakan enam bulan sekali—meskipun tidak merasa sakit. Tetapi sayangnya masih tidak sedikit orang mengabaikan urusan itu karena merasa giginya baik-baik saja.

Banyak dokter gigi mengeluh karena tidak sedikit orang baru mengunjungi dokter gigi saat giginya sakit atau adanya kelainan tertentu, bahkan sejumlah diantaranya baru datang saat kondisi kehancuran gigi sudah paling parah.

Sebagai orang tua yang baik dan peduli dengan kesehatan gigi anak, inginkan tidak inginkan harus menunjukan misal yang baik dengan bersama-sama memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Dengan pendidikan yang baik mengenai pentingnya kesehatan gigi, Anda telah menghindarkan anak dari bisa jadi kerusakan dan penyakit pada gigi. Orang tua bisa mempraktikan keempat teknik tadi dan memberi misal kepada anak teknik perawatan gigi yang baik, sebab pada dasarnya anak bakal mengikuti kelaziman orang tuanya.

Sumber : http://www.onlinefussballmanager.de/forward.php?tid=143371&url=www.pelajaran.co.id