Waspadai Adanya Malware Pada Aplikasi Android

Pengguna Android mesti waspada terhadap peredaran software yang dipenuhi dengan malware di Google Play Store. Pakar di perusahaan antivirus dan ketenteraman internet ESET menyinggung paling tidak terdapat lebih dari 30 software Malware di Google Play Store.

Dilansir dari Express, software yang menyamar sebagai pembersih perangkat, manajer baterai, dan software horoskop menyembunyikan aplikasi yang berbahaya. Malware ini paling kompleks modern dan bersembunyi dalam aplikasi.

Berbeda dengan Malware lainnya yang memakai login palsu, perangkat empuk ini memungkinkan semua hacker guna mengirim dan menerima teks pada perlengkapan yang telah terinfeksi.

Para hacker kemudian dapat menembus otentikasi multifaktor yang mengayomi internet banking. Bahkan malware ini dapat secara otomatis mengunduh software tambahan yang diharapkan hacker.

“Oleh sebab itu, andai pemakai sudah memasang di antara dari software ini, pemakai bisa dengan gampang menghapus di Settings > (General) > Application manager/Apps,” ujar pakar tersebut.

Pakar ESET menganjurkan pemakai Android guna menghapus software yang diperkirakan mengandung Malware secara rutin.

“Kami pun menyarankan untuk mengecek rekening bank atas transaksi memunculkan kecurigaan dan mempertimbangkan mengolah kata sandi / kode PIN internet banking,” kata pakar.

Untuk mengetahui software apa saja yang berisi Malware, pemakai dapat melihatnya di tautan ini.

Semua software ini memang sudah dihapus dari Google Play Store namun pastikan pemakai sudah menghapus software tersebut bilamana terlanjur mengunduh. ESET pun menyarankan supaya mengunduh software Android melulu dari Google Play Store.

“Hanya unduh software dari Google Play memang tidak meyakinkan software tidak berbahaya, tetapi software seperti ini jauh lebih aman daripada di situs software pihak ketiga, di mana mereka tidak menghapus software malware meskipun sudah diungkap, tidak laksana di Google Play,” ujar pakar.

Android ialah perangkat empuk yang paling tidak sedikit digunakan di dunia, dengan lebih dari dua miliar perlengkapan aktif yang menjalankan OS Google masing-masing bulan.

Tempat yang sesuai untuk mengunduh software Android ialah di Google Play Store yang adalahrumah untuk jutaan aplikasi.

Baca Juga :