Xiaomi Tips: Memaksimalkan Tombol Navigasi

Xiaomi Tips: Memaksimalkan Tombol Navigasi

Xiaomi Tips Memaksimalkan Tombol Navigasi
Xiaomi Tips Memaksimalkan Tombol Navigasi

Kali ini, saya akan coba mengupas salah satu fitur tersembunyi smartphone Xiaomi lainnya. Smartphone Xiaomi, kebanyakan

menggunakan tombol navigasi (home, back, option) virtual. Artinya bukan berupa tombol fisik seperti tombol volume dan power. Hal ini tentu cukup bagus karena tombol navigasi adalah tombol yang paling sering digunakan, meminimalisir tingkat kerusakan tombol.

Namun, tahukah kamu kalau tombol navigasi di perangkat smartphone Xiaomi (terutama yang sudah menggunakan MIUI 8) punya pengaturan tersembunyi? Kamu bisa mengganti fungsi tombol home jika ditekan lama. Dan pengaturan-pengaturan lainnya.

Untuk mengakses pengaturan tombol, buka pengaturan lalu ketikkan “tombol” di kolom pencarian pengaturan. Pilih opsi tombol dihasil pencarian. Lalu kalian akan melihat banyak pengaturan pada opsi ini.

Dibagian paling atas, kamu akan melihat pengaturan untuk tombol “Terkini”. Tombol terkini adalah tombol berlogo kotak di smartphone kamu. Fungsi default-nya adalah untuk menampilkan menu aplikasi. Kamu bisa mengganti fungsinya untuk menampilkan aplikasi terkini (aplikasi yang baru saja dibuka).

Lalu, pada bagian “Tekan lama tombol navigasi” kamu akan melihat ketiga tombol, yaitu terkini, beranda dan kembali.

Masing-masing tombol ini akan memiliki fungsi berbeda jika ditekan dengan durasi lebih lama (0,5 detik).

Fungsi-fungsi tersebut antara lain untuk menampilkan menu aplikasi, menampilkan aplikasi Google Now, dan menutup aplikasi. Kamu bisa mengatur fungsi setiap tombol dengan mengkliknya, lalu pilih fungsi yang ingin kamu gunakan.

Saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan fungsi “tutup aplikasi terkini”. Fungsi ini berguna untuk menutup aplikasi secara penuh. Ketika ingin membuka aplikasi, kamu cukup menekan tombol “kembali” beberapa saat, maka aplikasi tersebut akan tertutup sepenuhnya dan tidak berjalan di latar belakang. Fungsi ini mirip seperti RAM Booster, hanya saja tanpa bantuan aplikasi ketiga.

Tombol navigasi akan hidup setiap kali disentuh, dan baru akan mati dalam jangka waktu tertentu. Kamu bisa mengatur waktu mati tombol navigasi denga lamanya waktu yang kamu tentukan.

Kamu juga bisa menonaktifkan tombol navigasi pada aplikasi-aplikasi yang kamu pilih. Fungsi ini sangat cocok untuk digunakan

ketika kamu bermain game. Jadi tidak akan ada lagi kejadian tiba-tiba keluar game karena kamu tidak sengaja menyentuh tombol home.

Cukup pilih game-game yang terinstall di smartphone kamu, maka tombol navigasi tidak akan berfungsi ketika kamu memainkan game-game tersebut.

Kini fungsi tombol navigasi smartphone Xiaomi sepenuhnya ada di tangan kamu

Sumber:

https://galleta.co.id/pengertian-konsumsi/